Zurich (ANTARA News/Reuters) - Juara Olimpiade dan juara dunia Usain Bolt menjuarai nomor lari 100 meter pada kejuaraan Liga Emas Weltklasse di Zurich, Jumat, sedangkan atlet Rusia Yelena Isinbayeva memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri pada nomor lompat galah.

Bolt, yang ikut berparade mengelilingi stadion Letzigrund sebelum kejuaraan itu, agak lambat keluar dari tempat start dan berada di belakang sesama pelari Jamaika Asafa Powell saat lomba tersisa 20 meter lagi.

Namun Bolt, yang pada pekan lalu mencetak rekor dunia 9,58 detik di Kejuaraan Dunia di Berlin, menemukan dorongan tambahan kecepatan untuk akhirnya merebut kemenangan dengan catatan waktu 9,81 detik.

Sementara itu, Isinbayeva berhasil melompat setinggi 5,06 meter yang memecahkan rekor dunia sebelumnya yang dia cetak ketika Olimpiade Beijing tahun lalu dengan selisih satu centimeter.

Sedangkan pelari Ethiopia Kenenisa Bekele, yang merupakan juara Olimpiade dan dunia pada nomor lari 5.000 dan 10.000 meter, secara meyakinkan memenangi nomor lari 5.000 meter dengan catatan waktu 12 menit 52,32 detik.

Bolt, juara dunia dan Olimpiade pada nomor 100 dan 200 meter dan pemegang rekor dunia pada kedua nomor sprint itu, menyelesaikan petang itu dengan mengantar Jamaika memenangi nomor estafet 4x100 meter yang mengalahkan tim Amerika Serikat dengan selisih tiga perseratus detik.

"Saya ingin mengatakan bahwa ini agak kurang bagus," kata Bolt setelah memenangi 100 meter. "Tubuh saya terdiam saat start, saya agak lelah melalui balapan ini".

"Pada akhirnya, saya perlu mengambil kecepatan saya saat tubuh saya tidak merespon dengan baik menghadapi balapan itu".

Sementara itu, juara Olimpiade Lashawn Merritt memenangi nomor 400 meter dengan catatan waktu 44,21, yang sekali lagi memaksa pesaing dan rekan senegaranya Amerika Serikat Jeremy Wariner harus puas di posisi kedua.

Sanya Richards memenangi nomor 400 meter putri dengan catatan waktu terbaik musim ini 48,94 detik, enam perseratus detik lebih cepat dari catatan waktu kemenangannya di Berlin.

Blanka Vlasic dari Kroasia memenangi lompat tinggi dengan 2,01 meter, lebih pendek tiga centimeter dari lompatannya yang menang di Berlin.

Pelari Kenya Ezekiel Kemboi memenangi nomor 3.000 halang rintang putra dengan catata waktu 8:04.44, di mana juara Olimpiade dan rekan senegaranya Brimin Kipruto mencapai finis di urutan kedelapan. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009