Bandung (ANTARA News) - Sebanyak enam perusahaan yaitu PT Hutama Karya KSO, PT Adhi Karya, PT Pembangunan Perumahan, PT Duta Graha Indah KSO, PT Waskita Karya dan PT Wijaya Karya ikut menjadi peserta tender pembangunan fisik Sarana Olahraga Gedebage atau West Java Stadium (WJS) bernilai Rp616,7 miliar.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (Distarcip) Kota Bandung, Juniarso Ridwan di Bandung, Kamis mengatakan keenam perusahaan tersebut telah dinyatakan lolos pra kualifikasi dan salah satunya akan dinyatakan sebagai pemenang tender sarana olahraga yang nantinya akan menjadi kawasan olahraga terbesar.

"Saat proses dimulainya tender ini sebanyak 18 perusahaan mengambil formulir dan hanya tujuh peserta yang mengembalikannya namun satu peserta dinyatakan tidak lolos pra kualifikasi," ujarnya.

Ia menjelaskan dalam masa sanggah yang akan berakhir pada Jumat (28/8) ini, setiap perusahaan dapat mengajukan keberatan kepada panitia namun tetap mengikuti prosedur yang berlaku sehingga panitia dapat mempertimbangkannya.

Tender pembangunan WJS ini, lanjut Juniarso diikuti oleh sebagian besar perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "Tentu saja banyak perusahaan yang tertarik karena tender ini termasuk dalam grade tujuh atau tender dengan nilai proyek yang sangat besar yaitu Rp616,7 miliar.

"Total proyek sesungguhnya sebesar Rp623,7 miliar namun sisa Rp7 miliar diperuntukkan bagi manajemen konstruksi dan pemenangnya telah ditetapkan," katanya.

Menurut Pelaksana Teknis West Java Stadium (WJS), Yayat Ahmad Sudrajat, hingga saat ini pembangunan yang dilakukan masih sebatas pengerjaan sarana jalan dan rencananya pembangunan fisiknya akan dilakukan September 2009 setelah dikeluarkannya Surat Perintah Kerja (SPK) kepada pemenang tender.

Berdasarkan pengumuman yang ditempel di Dinas Tata ruang dan Cipta Karya Kota Bandung perusahaan yang berhak menandatangani kontrak yaitu PT Adhi Karya (Persero) dengan nilai penawaran Rp495.945.000.000.

Sedangkan perusahaan lainnya yang berhak mengikuti masa sanggah adalah Hutama Karya KSO dengan nilai penawaran Rp486.900.000.000, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Rp506.573.082.000 dan PT Duta Graha Indah Rp515.870.000.000.

Dua perusahaan yang tidak dievaluasi karena masih terdapat tiga perusahaan penawar terendah adalah PT Waskita Karya dengan nilai penawaran Rp540.622.000.000 dan PT Wijaya Karya Rp574.233.362.000.

West Java Stadium ini akan dibangun di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung dengan luas lahan sekitar 40 hektare dan rencananya stadion tersebut akan menampung sekitar 40ribu penonton. Pembiayaan pembangunan ini dibantu oleh APBN, APBD Provinsi Jawa Barat dan juga APBD Kota Bandung.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009