Tokyo (ANTARA News) - Honda Motor Co., Jepang, berencana memasarkan kendaraan listrik di Amerika Serikat awal dekade mendatang untuk memenuhi meningkatnya permintaan terhadap mobil ramah lingkungan disana, sebuah surat kabar melaporkan Sabtu.

AFP melaporkan bahwa Honda, yang sampai saat ini fokus pada kendaraan hibrid, saat ini mengembangkan setidaknya satu prototipe kendaraan listrik yang akan diluncurkan di "Tokyo Motor Show" pada Oktober, kata harian bisnis Nikkei.

Langkah tersebut dilakukan setelah pesaing domestiknya - Toyota Motor Corp dan Nissan Motor Co - mengumumkan rencana serupa, dengan pasar untuk kendaraan listrik diperkirakan tumbuh pertama di Amerika Serikat sebelum menyebar ke Jepang dan Eropa.

Pemerintah Amerika Serikat telah mengatakan, akan memberikan pinjaman bunga rendah berjumlah sekitar delapan miliar dolar AS untuk mendukung produksi kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik.

Di Jepang, Mitsubishi Motors Corp dan Fuji Heavy Industries Ltd, perusahaan di belakang merek Subaru, baru-baru ini mulai memasarkan kendaraan listrik.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009