Denpasar (ANTARA News) - Mantan Menteri Luar Negeri Australia Alexander Downer menemui dan menanyakan keamanan Bali kepada Gubernur Made Mangku Pastika di ruang kerjanya di Niti Mandala, Renon, Denpasar, Kamis.

"Keduanya tampak akrab dalam pembicaraan santai sekitar 45 menit," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Bali I Putu Suardhita seusai mendampingi pertemuan tersebut.

Ia menjelaskan, Alexander Downer sempat menanyakan kepada Gubernur Pastika tentang pengaruh ledakan bom di Hotel JW Marriott dan Ritz-Cariton Jakarta terhadap pariwisata Bali, khususnya wisatawan asal Australia.

Pada kunjungan kehormatan di sela-sela kegiatan wisata Alexander Downer itu, Gubernur Mangku Pastika menjelaskan, bom Jakarta itu ada sedikit pengaruhnya terhadap kunjungan wisatawan ke Bali.

Namun pengaruh tersebut kini sudah pulih kembali, yang terbukti kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya asal Australia kembali normal.

Biro Pusat Statistik (BPS) Propinsi Bali mencatat, kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali tercatat 1.067.266 orang selama semester pertama 2009, meningkat 10,25 persen dibanding semester yang sama tahun sebelumnya sebanyak 971.061 orang.

Khusus masyarakat Australia yang menikmati panorama alam dan keunikan seni budaya Bali sebanyak 180.686 orang selama enam bulan pertama periode Januari-Juni 2009.

Kondisi tersebut mengalami peningkatan sebanyak 49.281 orang atau atau 37,50 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya tercatat 131.405 orang.

Mantan Menlu Alexander Downer juga menanyakan sistem pengamanan di Pulau Dewata yang langsung mendapat penjelasan dari Gubernur Mangku Pastika.

Bali sejak meletusnya bom di Ibu kota Jakarta itu langsung menerapkan siaga I yang mendapat dukungan penuh dari polisi dan aparat keamanan lainnya.

Upaya tersebut mampu mewujudkan stabilitas keamanan Bali yang sangat mantap, tutur Gubernur Mangku Pastika. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009