Jakarta (ANTARA News) - Kontingen Indonesia menempati posisi keempat pada perolehan medali akhir Para Games ASEAN V yang berakhir Rabu (19/8) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kontingen Indonesia yang berkekuatan 38 atlet membawa pulang 29 medali emas, 25 perak, dan 19 perunggu. Sementara posisi teratas ditempati Thailand dengan 157 emas, 75 perak, dan 57 perunggu.

Tuan rumah Malaysia di urutan kedua dengan 94 emas, 81 perak, dan 71 perunggu. Posisi ketiga adalah Vietnam dengan 73 emas 57 perak, dan 45 perunggu.

Pada hari terakhir kemarin Indonesia mampu mendulang tujuh medali emas, di antaranya dari cabang renang (4 emas) dan bulutangkis (2 emas).

Pimpinan rombongan kontingen Indonesia Kusnan Ismukanto mengaku cukup puas dengan penampilan atlet-atlet Indonesia yang berlaga di ajang itu.

Bahkan mantan Ketua KONI Jaya itu menaruh rasa hormat atas perjuangan yang telah diberikan para atlet cacat nasional yang telah turut mengharumkan nama bangsa.

"Saya sangat berterima kasih dengan perjuangan anak-anak di sini. Mereka benar-benar menunjukkan kemampuannya sejak awal hingga akhir," kata Kusnan melalui telefon internasional.

Sekjen KONI/KOI Pusat, Rosihan Arsyad di Jakarta menyambut baik hasil yang dicapai kontingen Indonesia di arena itu.

"Kalau dilihat dari presentasi perolehan medali yang lalu di Nakhon Ratchasima memang perolehan medali kali ini menurun. Tapi patut diingat pada Asean Para Games kali ini kita tidak menurunkan atlet sebanyak dua tahun lalu," ujarnya.

Demikian pula dengan banyaknya cabang yang diikuti, Rosihan mengatakan raihan prestasi atlet Indonesia pantas disyukuri.

Pada ASEAN Para games IV di Nakhon Ratchasima 2007, Indonesia juga menempati urutan keempat dengan merebut 34 medali emas dengan mengirimkan 47 atlet.

Pada Para Games V yang resmi ditutup di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Indonesia mengikuti tujuh dari 12 cabang yang dipertandingkan.

Pada upacara penutupan dilakukan serah terima bendera Para Games dari Malaysia kepada Indonesia yang akan menjadi tuan rumah event serupa pada tahun 2011.

Serah terima bendera tersebut dilakukan oleh Menteri Olahraga Malaysia kepada Duta Besar RI di Malaysia, Da'i Bachtiar.

Pada upacara penutupan, Indonesia juga mendapat kesempatan menampilkan kesenian daerah Indonesia yang dibawakan perwakilan dari KBRI di Malaysia.

Peraihan Medali Kontingen Indonesia

1. Atletik 9 3 6

2. Badminton 4 3 1

3. Catur 3 1 1

4. Angkat berat 2 2 0

5. Renang 9 8 3

6. Tenis meja 2 7 5

7. Tenis kursi roda 0 1 3.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009