Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi Sport Development Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Pusat, Djoko Pramono, mengatakan bahwa Indonesia hanya akan mengirim 155 atlet ke SEA Games Laos, Desember mendatang.

"Kita tak mampu kalau memberangkatkan lebih, dan mereka yang diberangkatkan adalah atlet-atlet yang sangat berpeluang meraih medali," ujarnya, Kamis sore.

Mereka yang akan dikirim adalah yang benar-benar meraih medali emas di SEA Games. Oleh karenanya pihaknya akan melakukan seleksi ketat terhadap para atlet yang akan dikirim supaya tampil tidak mempermalukan.

"Dan target kita harus bisa meraih peringkat tiga, sesuai dengan amanat presiden," tambahnya.

Dia mengakui, dengan hanya kekuatan sekecil itu, terasa tidak mungkin bisa meraih peringkat itu mengingat negara lain sudah lebih maju. Di SEA Games Thailand, Indonesia yang berkekuatan 600 atlet, hanya berhasil meraih peringkat empat.

Selain itu, lanjut komandan Pelatnas terpadu tersebut, masalah dana juga menjadi hambatan utama. KOI hanya menganggarkan Rp12,5 Miliyar untuk Sea Games dari Rp20 Miliyar yang diterimanya dari Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga.

Sisanya akan digunakan untuk mengikuti lima event (kegiatan) kompetisi olah raga lainnya.

"Setelah kita hitung dari dana yang tersisa, mampunya hanya mengirim atlet sebanyak itu," lanjutnya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009