Bolaang Mongondow (ANTARA News) - Setiap daerah yang ada di Provinsi Sulawesi Utara akan turut ambil bagian dalam perhelatan kegiatan Sail Bunaken di Daerah Manado, tak ketinggalan kabupaten Bolaang Mongondow selatan (Bolsel) yang akan membawa cemilan khas daerah itu yang dikenal dengan dodol dompo.

Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Arudji Mongilong mengatakan bahwa cemilan yang berbahan baku daging buah durian itu sudah pernah di jadikan sebagai "oleh-oleh" buat para pengunjung pada kegiatan World Ocean Conference (WOC) di Manado beberapa bulan lalu.

"kali ini kami akan membawa dodol dompo lebih banyak lagi dibanding pada saat WOC kemarin," kata Arudji.

Dia mengatakan, dalam kegiatan Sail Bunaken nanti, pemerintah daerah Bolsel ingin mengulang kembali sukses yang diraih oleh stand daerah itu ketika dodol dompo menjadi sangat digemari para pengunjung baik dari mancanegara serta domestik.

Menurut dia, hal ini bisa menjadi kesempatan untuk memperkenalkan hasil produksi daerah, sehingga dapat menarik para wisatawan yang senang mencicipi berbagai jenis kuliner nusantara.

Dia mengatakan, pada tahun 2010 nanti, dodol dompo itu akan menjadi sebagai salah satu prioritas untuk dikembangkan menjadi sebuah cemilan yang dikelola secara profesional serta di produksi dalam skala besar. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009