Cikeas, Bogor (ANTARA News) - Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan pentingnya komitmen dan integritas calon anggota legislatif DPR RI terpilih dari Partai Demokrat sehingga tidak ada pelanggaran aturan hukum selama menjalankan tugasnya lima tahun mendatang.

"Integritas itu paling utama, etika akan ditegakkan, saya tidak mau mendengar anggota Partai Demokrat di parlemen ada yang terlibat kejahatan apapun termasuk korupsi, saya tidak akan melindungi. Jaga diri baik-baik jangan tergoda oleh tindakan yang menuju ke hal itu," kata Yudhoyono dalam pengarahan bagi 145 caleg DPR RI terpilih dari Partai Demokrat di Puri Cikeas Bogor, Senin malam.

Yudhoyono menjelaskan, ada tiga sikap lain yang harus dimiliki oleh anggota parlemen dari partai berlambang bintang segi lima tersebut, selain integritas yaitu kapasitas, dapat diterima di berbagai kalangan dan loyalitas terhadap partai.

Ia mengingatkan bahwa anggota DPR asal Partai Demokrat berasal dari partai pendukung pemerintah sehingga diharapkan memberikan masukan yang konstruktif terhadap kebijakan pemerintah melalui mekanisme yang ada.

"Anda akan menjadi partai pendukung pemerintah yang tidak akan berubah posisinya, partai lain bisa saja. Karena itu tugas anda menyukseskan kebijakan pemerintah dan mengkritisi agar lebih sempurna, bukan untuk melawan apalagi menggagalkan. Kalau ada pikiran, sampaikan," katanya.

Yudhoyono juga mengingatkan agar dalam penyampaian masukan kepada menteri atau pimpinan lembaga negara, anggota DPR RI dari partai itu tidak menggunakan pilihan kata-kata yang tidak patut.

"Cara saudara berkomunikasi dengan menteri, ingat itu presiden nya berasal dari Partai Demokrat. Menteri itu menjalankan kebijakan presiden kritiklah dengan konstruktif," tegasnya.


Transisi kepemimpinan

Dalam kesempatan itu, Yudhoyono menyampaikan sinyal bahwa pasca 2014 atau pascapemerintahan yang kedua, ia secara perlahan akan mundur dari gelanggang politik dan mendorong munculnya calon-calon pemimpin muda lainnya.

"Saya akan mohon diri pada 2014, agar tetap berjaya, panji partai harus berkibar, panji SBY akan susut dan diganti pemimpin baru dan membawa panji ini mengangkasa. Jadi tidak berlebihan bila saya mengharapkan para anggota bisa mengibarkan panji Demokrat di parlemen," katanya.

Di akhir paparannya, pria yang sudah berkecimpung 30 tahun di karir militernya sebelum terjun ke dunia politik itu mengatakan, meski 2014 nanti adalah periode terakhir masa jabatannya sebagai presiden, namun ia tetap akan memberi kontribusi pada partai yang dibidani kelahirannya itu dalam pemilu 2014 mendatang.

"Meski periode terakhir, saya masih punya tanggung jawab untuk suksesnya (Demokrat dalam -red) pemilu 2014 atau (terpilihnya-red) pemimpin baru pengganti saya," tegas Yudhoyono.

Pembekalan bagi 149 caleg DPR RI terpilih dari Partai Demokrat dihadiri oleh 145 caleg. Pembekalan berlangsung di kediaman pribadi Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas Bogor.

Hadir dalam acara itu Ani Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat Hadi Utomo, Ketua Bidang SDM Andi Mallarangeng dan sejumlah anggota DPD Partai Demokrat dan pengurus daerah.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009