Para pemangku kepentingan sektor parekraf yang ingin menyampaikan donasi, kami akan bantu agar lebih tepat sasaran....
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama PT Delamibrands Kharisma Busana membagikan 10.000 masker kain kepada pekerja penanganan sarana dan prasarana umum (PPSU) DKI Jakarta yang terpaksa bekerja di luar rumah di tengah pandemi COVID-19.

Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Josua Simanjuntak menyaksikan penyerahan bantuan masker kain secara simbolis oleh GM Marketing Communications PT. Delamibrands Kharisma Busana Johannes Lambertus Paat kepada Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara dengan dihadiri oleh 4 orang wakil dari PPSU di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu.

“Para pemangku kepentingan sektor parekraf yang ingin menyampaikan donasi, kami akan bantu agar lebih tepat sasaran. Hal ini diharapkan akan menggerakkan subsektor fesyen yang selaras dengan gerakan masker kain. Apalagi masker saat ini jadi atribut yang akan digunakan sampai vaksin bisa ditemukan. Anjurannya dari WHO adalah, masker kain ini bisa dipakai selama 4 jam setelah itu diganti, kalau kita bekerja selama 8 jam minimal kita harus punya lebih dari satu dalam sehari,” katanya.

Baca juga: Kemenparekraf perkuat kompetensi pelaku usaha spa hadapi "new normal"

Josua Simanjuntak menjelaskan Kemenparekraf/Baparekraf dalam hal ini sebagai fasilitator bagi para stakeholder pariwisata dan ekonomi kreatif yang ingin menyalurkan bantuan kepada para pekerja harian terutama mereka yang bergerak di sektor parekraf yang terdampak COVID-19.

Kemenparekraf menggandeng sejumlah pihak untuk menggelar kampanye yang merupakan bagian dari #GerakanMaskerKain sebagai upaya untuk menekan penyebaran COVID-19, sekaligus membantu menggerakkan industri kreatif fesyen tanah air utamanya UMKM yang ikut terdampak.

Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mengapresiasi bantuan yang diberikan bagi para PPSU DKI Jakarta, sejak COVID-19 mewabah di hampir seluruh negara di dunia, persediaan alat pelindung diri, salah satunya masker mengalami kelangkaan dan harganya naik signifikan hingga berkali-kali lipat.

“Kami berharap bantuan ini, bisa bermanfaat untuk semuanya, dan ke depan kita bisa beraktivitas lagi seperti biasa. Dan bisa menekan penyebaran angka kasus COVID-19 di Jakarta,” ujarnya.

Baca juga: Kemenparekraf bagikan 100.000 masker kain untuk pelaku parekraf

Delamibrands merupakan perusahaan yang bergerak dalam ritel fesyen lokal Indonesia yang telah berdiri sejak 1979 dan menaungi brand-brand seperti The Executive, Colorbox, Et Cetera, Wood, Tirajeans, dan lainnya.

Sebanyak 10.000 masker kain dari Delamibrands akan dibagikan kepada PPSU di 5 kecamatan di DKI Jakarta, yaitu Kecamatan Gambir (Jakarta Pusat), Kecamatan Pasar Minggu (Jakarta Selatan), Kecamatan Tamansari (Jakarta Barat), Kecamatan Kelapa Gading (Jakarta Utara), dan Kecamatan Makassar (Jakarta Timur).

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020