Jakarta (ANTARA) - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada bulan Juni berniat untuk menaikkan harga beberapa tipe kendaraan dari Mitsubishi hingga Rp3 juta.

"Kita dari MMKSI sudah berjuang sekuat mungkin untuk tidak menaikkan harga pada bulan ini. Namun, efek global ini cukup besar dan juga mempengaruhi pasar Indonesia dan juga kurs penguatan rupiah. Oleh karena itu, kami berencana untuk melakukan penyesuaian harga bulan depan," ungkap Head of Sales & Marketing Group MMKSI, Imam Choeru Cahya pada saat bincang bersama media melalui video telekonferensi, Selasa (19/05).

Pada bulan Juni nanti, kendaraan dari Mitsubishi yang akan terkena dampak kenaikan harga seperti model dari kendaraan niaga L300, Triton dan juga kendaraan anyar dari Mitsubishi Xpander.

Baca juga: Selama pandemik, 65 persen pelanggan Mitsubishi "go digital"

Baca juga: MMKSI perpanjang masa garansi


"Kenaikan yang kita berikan juga sudah mempertimbangkan aspek kemampuan masyarakat Indonesia, kita akan naikkan harga kira-kira Rp1 juta untuk L300 dan 2 sampai 3 juta untuk Xpander menyesuaikan varian," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Director of Sales & Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro menjelaskan bahwa, kenaikan harga dari sebuah merek kadang memang dibutuhkan untuk mempertimbangkan aspek aspek lain seperti lemahnya nilai tukar rupiah dan juga ongkos produksi.

"Memang dalam beberapa kesempatan penyesuaian harga itu memang harus dilakukan, meski tidak harus tiap tahun. Faktor kenaikan dari sebuah kendaraan biasanya disebabkan oleh biaya produksi karena inflasi, atau karena penyesuaian kurs itu yang biasanya memang harus dilakukan penyesuaian harga," jelas dia.

Untuk kendaraan berpenumpang, PT MMKSI di Indonesia memasarkan model-model antara lain, Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander Sport, Xpander, Xpander Cross, dan Outlander PHEV. Sedangkan untuk kendaraan niaga PT MMKSI memiliki Mitsubishi Trinton dan juga L300.

Baca juga: Mobil terlalu lama diparkir, waspadai "serangan" tikus

Baca juga: MMKSI permudah kepemilikan Xpander untuk tenaga medis

Baca juga: Mitsubishi ganti posko mudik dengan diler jaga

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020