Depok,(ANTARA News) - Tempat makam budayawan dan penyair WS Rendra yang meninggal dunia, pada Kamis malam sekitar pukul 21:30 WIB, tidak jauh dari Mbah Surip yaitu sekitar sepuluh meter.

"Tempatnya memang sudah dipersiapkan sejak lama. Rendra juga minta dimakamkan di bawah pohon rindang," kata adik ipar WS Rendra, Iwan Burnani, ketika ditemui ANTARA, dirumah duka Bengkel Teater Rendra, di Depok, Jumat pagi.

Tempat pemakaman sekitar 100 meter persegi tersebut memang dipersipakan sebelumnya dan sejumlah seniman dan aktivis dimakamkan di tempat tersebut seperti Roedjito (seniman teater Artistik), Arie Mocoi, Indra Kesuma Budenani, Ria Rumondang Pardede, Semsar (pelukis dan perupa), dan Mbah Surip.

"Ini bukan makam keluarga, siapa saja boleh kalau mendapat persetujuan keluarga," jelasnya.

Sejumlah pejabat dan artis datang melayat ke rumah duka tersebut, seperti Menteri Perhubungan Djusman Syafii Djamal, Wakil Wali Kota Depok, Yuyun Wirasaputra, Rektor Universitas Paramadina, Anis Baswedan.

Selanjutnya dari kalangan artis antara lain Virgiawan Listianto atau yang lebih dikenal dengan Iwan Fals, dan Deddy Mizwar, dan lainnya.

Karangan bunga duka cita pun menghiasi tempat Bengkel teater tersebut, seperti dari Dirut Lembaga Penyiaran Publik (LPP), Parni Hadi, Keluarga Teater Alam Yogya, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, artis Connie Constantia, Forum Harmoni Nusantara, Jenderal (Purn) TNI Wiranto, dan Surabya Community Sedhuluran Sampek Matek.

Iwan mengatakan prosesi pemakaman akan dilakukan setelah sholat Jumat. "Jam berapa belum pasti karena masih menunggu kedatangan anak-anaknya, setalah anak-anaknya datang langsung dimakamkan," kata Iwan.

Putra dan putrinya yang sedang ditunggu adalah Yonas yang berada di Kalimantan, dan Naomi, Rachael, dan Semy yang tinggal di Yogyakarta. "Sekarang mereka sedang dalam perjalanan," jelasnya.

Persiapan prosesi pemakaman sedang dilaksanakan tenda memanjang di area pemakaman telah dipasang dan tempat pemakaman sedang digali.

Saat ini jenazah WS Rendra telah tiba di Bengkel teater sekitar pukul 05.30 WIB, setelah sebelumnya disemayamkan semalam di rumah putrinya Clara Shinta, Kompleks Pesona Depok Blok AV/5 Depok, Jawa Barat.

Menurut Iwan, Rendra telah dua bulan dirawat di rumah sakit akibat sakit jantung dan ginjal. WS Rendra sempat dirawat di RS Harapan Kita Jakarta kemudian juga sempat dirawat di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading.

Pada Selasa (4/8), kata Iwan sudah dibolehkan pulang dan menginap di rumah Clara Shinta yang tidak jauh dari dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok.

Tiba-tiba penyakitnya kambuh dan dirawat di Rumah sakit Mitra Keluarga Depok, dan menghembuskan nafas terakhir.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009