Madrid (ANTARA News/AFP) - Produsen otomotif AS, Ford, kepada serikat pekerja Jumat mengatakan, rencana untuk memangkas 600 pekerja dari pabrik di kawasan timur Spanyol karena melemahnya permintaan.

Perusahaan mengatakan, pihaknya akan mengurangi pekerjaan dari "tiga shift menjadi dua shift produksi" di pabrik Almussafes, dekat Valencia.

Dikatakan pengurangan pegawai itu akan didasarkan pada permintaan sukarela.

Ford mengatakan, terpaksa untuk membuat keputusan itu karena menurunnya penjualan di Spanyol dan Eropa lainnya di tengah krisis ekonomi.

Sektor manufaktur otomotif Spanyol adalah ketiga terbesar di Eropa dan mencatat hanya di bawah 10 persen dari output ekonomi negara dan 15 persen dari ekspor.

Pada 2008, penjualan mobil baru di Spanyol jatuh 28 persen, penurunan tahunan paling besar selama ini, karena negara itu memasuki resesi pertama dalam 15 tahun.

Namun, sektor otomotif telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan sejak pemerintah pada bulan Mei mengumumkan sebuah subsidi 2.000 euro (2.700 dolar AS) untuk pengendara kendaraan bermotor yang ingin membeli mobil baru.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009