Berlin (ANTARA News/AFP) - Juara Liga Utama Inggris Manchester United tidak memanfaatkan dengan baik serangkaian peluang gol sebelum akhirnya kalah dari klub liga utama Jerman Bayern Munich 7-6 dalam adu penalti pada final Piala Audi di Berlin, Kamis.

Bayern, yang bermain di hadapan 70.000 pendukungnya di stadion Allianz Arena, mempersembahkan piala pertama itu kepada pelatih baru mereka Louis Van Gaal sepekan menjelang dimulainya musim baru Liga Utama Jerman (Bundesliga).

Klub Inggris asuhan Sir Alex Ferguson itu seakan menyesali peluang gol yang hampir dilesakkan Dimitar Berbatov yang gagal masuk ke gawang lawan karena membentur tiang gawang sementara Michael Owen dan Wayne Rooney juga hampir mencetak gol.

Bayern mencetak gol pertamanya lewat tembakan Mario Gomez yang melesakkannya dari jarak 12 meter dan berhasil melewati kiper United Edwin van der Sar.

Tiga menit menjelang berakhirnya babak pertama, Berbatov berhasil melewati pertahanan Bayern untuk menembakkan bola ke gawang namun bola membentur tiang gawang dan kiper Bayern Michael Rensing dengan penuh perjuangan berhasil meraih bola untuk menyelamatkan gawangnya.

Sesudahnya tembakan Owen juga berhasil diamankan Rensing di menit ke-62 dan Rooney juga gagal menyarangkan tembakannya ke gawang kiper Jerman itu.

Dalam adu tendangan penalti, Rensing kembali menyelamatkan gawangnya dari serbuan gol Patrice Evra dan Jonny Evans sebelum Daniel van Buyten mencetak gol penentu kemenangan Bayern dalam adu penalti tersebut.

"Kami bermain sepak bola dengan sangat bagus di babak pertama," ujar Van Gaal.

"Kami sehrusnya bisa mencetak gol namun Manchester United juga kehilangan banyak peluang gol di babak kedua. Pertandingan berlangsung ketat sejak awal sehingga saya senang kami akhirnya bisa menang."

Dalam pertandingan perebutan tempat ketiga, klub Argentina Boca Juniors mengalahkan AC Milan 4-3 juga dalam adu tendangan penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 dalam waktu 90 menit.

Thiago Silva membuat tim Italia itu unggul terlebih dahulu ketika mencetak gol dari jarak dekat pada menit ke-27 sebelum Lucas Viatri menyamakan kedudukan bagi Boca pada sisa waktu tiga menit.

Pada adu tendangan penalti, bintang Brazil Pato gagal melesakkan bola karena berhasil ditepis oleh kiper Boca Roberto Abondanzzieri setelah tendangan penalti pemain Milan Andrea Pirlo dan pemain Boca Federico Insua juga tidak berhasil membobol gawang. (*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009