Kota Meksiko (ANTARA News) - Meksiko Rabu memanggil pemain depan Cuauhtemoc Blanco (36) dan bek Rafael Marquez bagi skuad nasional mereka untuk menghadapi musuh besar mereka Amerika Serikat pada pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia di kandang Meksiko, bulan depan.

Reuters melaporkan, Meksiko, yang benar-benar harus menang dalam pertandingan 12 Agustus tersebut guna memulihkan posisinya yang kini kritis pada babak kualifikasi itu, juga tidak memasukkan 11 anggota skuad mereka yang ikut memenangkan Piala Emas CONCACAF pekan lalu.

Mexico mengalahkan AS 5-0 dalam final piala itu, kemenangan pertama mereka dalam pertandingan tandang ke negara tetangga mereka selama 10 tahun terakhir ini, walaupun kedua tim itu tidak dalam kekuatan penuh mereka setelah memilih untuk mengistirahatkan para pemain top mereka.

Blanco, yang sudah mengikuti lebih dari 100 pertandingan internasional, mengumumkan pensiunnya sebagai pemain internasional pekan lalu namun dipanggil kembali ke skuad itu sejak Javier Aguirre menggantikan Sven-Goran Eriksson sebagai pelatih.

Blanco, yang terkenal dengan kepiawaiannya dalam mengolah bola dan emosinya yang sering berubah-ubah, bermain memperkuat timnas Meksiko di Piala Dunia 1998 dan 2002 namun tidak masuk skuad Piala Dunia 2006 oleh pelatih Ricardo La Volpe.

"Saya sangat senang, ini adalah target lain dalam karir saya dan saya akan berusaha dan membawa tim ini ke Piala Dunia," ujar Blanco dalam suatu wawancara radio.

Marquez, yang banyak dikecam karena mendapat kartu merah ketika AS mengalahkan Meksiko dalam babak kualifikasi Piala Dunia Februari lalu, baru pulih dari cedera lutut yang dideritanya April lalu.

Meksiko merupakan tim yang berada di urutan keempat dalam tahap grup final CONCACAF enam-tim dengan hanya memperoleh enam poin dari lima pertandingan. Kosta Rika memimpin dengan 12 poin, disusul AS 10 poin dan Honduras tujuh poin.

Tiga tim teratas akan langsung lolos kualifikasi bagi putaran final Piala Dunia dan tim keempat harus memainkan babak play-off melawan tim tempat kelima dari Amerika Selatan.

Kekalahan Meksiko dari Honduras, El Salvador serta AS mengakibatkan Meksiko berada dalam bahaya tersingkir dari Piala Dunia untuk pertama kali sejak 1990.

Namun, tiga dari lima pertandingan sisa mereka akan dimainkan di kandang dan dimulai dengan menghadapi AS di Azteca di Mexico City.

Skuad:

Kiper: Guillermo Ochoa (America), Jesus Corona (Cruz

Azul)

Pemain bertahan: Efrain Juarez (Pumas UNAM), Jose Antonio Castro

(Tigres UANL), Rafael Marquez (Barcelona), Jonny Magallon

(Guadalajara), Ricardo Osorio (VfB Stuttgart), Aaron Galindo

(Guadalajara), Carlos Salcido (PSV Eindhoven), Oscar Rojas

(America)

Pemain tengah: Gerardo Torrado (Cruz Azul), Israel Castro

(Pumas UNAM), Andres Guardado (Deportivo Coruna), Cuauhtemoc

Blanco (Chicago Fire)

Pemain depan: Alberto Medina (Guadalajara), Giovani Dos Santos

(Tottenham), Nery Castillo (Shakhtar Donetsk), Carlos Vela

(Arsenal), Miguel Sabah (Morelia), Guillermo Franco (tidak punya klub).

(Uu.SYS/C/A016/A/A008) 30-07-2009 11:48:51

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009