Jakarta (ANTARA News) - Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Chevrolet, PT General Motors Autoworld Indonesia (GMAI), telah menjual 1.208 unit mobil selama semester pertama tahun ini, naik 9,6 persen dibandingkan periode sama tahun 2008.

"Dari total penjualan, 80 persen dipegang Captiva," kata Manajer Public Relations dan Corporate Communications GMAI, Kiki Fajar, di Jakarta, Selasa.

Varian terbaru yang diluncurkan pertengahan Mei lalu, Captiva AWD, sudah terjual 120 unit, dan pesanan yang masih indent mencapai 180 unit. Untuk Captiva diesel sudah terjual 413 unit, Captiva bensin otomatis mencapai 197 unit, dan Captiva bensin manual 82 unit.

Menurut Kiki, ATPM Chevrolet menggunakan pemasaran bergerilya di Indonesia dan memilih menggelar pameran di tiap-tiap daerah ketimbang mengikuti pameran otomotif nasional. Rencananya GMAI akan menggelar pameran pada pertengahan Agustus di Jakarta.

"Kita pameran pertengahan Agustus sebenarnya untuk melancarkan ritel di bulan Oktober. Indent kita masih cukup banyak di Agustus dan September, itu sudah teralokasi semua," ujar Kiki.

Ia menjelaskan bahwa pasar Chevrolet sendiri sebenarnya sudah terbentuk, lanjut Kiki. Jumlahnya tidak besar namun meningkat secara perlahan. "Jadi tidak booming".

Sementara itu, Wakil Presiden Penjualan, Pemasaran, dan Service Global GM, Jonathan Browning mengatakan bahwa penjualan GM secara global menunjukkan kenaikan pada kuartal dua 2009, pertumbuhannya hampir 20 persen atau 1,94 juta unit dibanding kuartal pertama tahun yang sama.

Penjualan mobil asal Amerika Serikat (AS) ini mengalami pertumbuhan hingga 72 persen di luar AS. Dengan penjualan terbanyak diraih GM Asia Pasifik sebesar 533.828 unit, dimana angkat tersebut tumbuh sebesar 37,9 persen untuk lebih dari delapan merek mobil.

Dibandingkan tahun 2008, ujar dia, penjualan GM secara global memang mengalami penurunan 15 persen. Hal ini disebabkan tekanan kondisi ekonomi dan pemangkasan produksi di AS yang menjadikan penjualan mobil di pasar Amerika Utara turun sebesar 32 persen, atau hampir setara dengan 307.000 unit mobil.

Seakan tidak terpengaruh publikasi negatif yang masih bergulir terkait dengan restrukturisasi perusahaan dan pengajuan Chapter 11, lanjut Browning, pangsa pasar GM secara global kuartal dua masih 12 persen, hanya 0,3 persen dibanding tahun 2008, dan meningkat 0,8 persen dibandingkan kuartal kedua.

Sedangkan untuk penjualan secara global di Semester I 2009 ini, ia melanjutkan telah mencapai 3,55 juta unit, turun 22 persen dibanding 2008.

"Kami percaya akan kekuatan produk kami, termasuk Chevrolet Camaro, Spark dan Malibu dan tentu saja pada pemenang penghargaan Vauxhall Insignia yaitu Wuling Sunshine Minivan dan produk-produk lainnya di seluruh dunia, yang memungkinkan kami untuk dapat bertahan melewati sebuah kelahiran kembali yang sulit dan bersejarah dari General Motors yang baru," ujar dia.

Ia menambahkan bahwa pihaknya berusaha bergerak cepat untuk mananggapi peluang-peluang pasar yang baru di seluruh dunia dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan produk-produk hemat bahan bakar yang menawarkan teknologi maju, desain yang menarik dan nilai yang baik (value for money).
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009