Jakarta (ANTARA News) - Proton, produsen otomotif asal Malaysia menargetkan penjualan mobil secara global sebanyak 170.000 unit di tahun 2009.

"Proton tahun ini saja (2009) menargetkan 170.000 terjual. Ini target pasar secara global," kata Managing Director Proton Holdings Berhad, Dato Haji Syed Zainal Abidin Syed Mohamed Tahir, di Indonesia International Motor Show 2009, Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan saat ini pihaknya telah memiliki sembilan model mobil yang dipasarkan secara global.

Proton yang baru beroperasi selama 2,5 tahun di Indonesia, menurut dia, telah memasarkan tujuh dari sembilan produk yang dikembangkan. Model terbaru yang dipasarkan di Indonesia sendiri yakni Proton Exora yang merupakan jenis "multi purpose vehicle" (MPV).

Dua model kendaraan yang tidak dimasukan ke Indonesia, yakni Proton Perdana dan Proton Arina, ujar dia. Sementara model yang dipasarkan di tanah air pada tahun awal Proton di Indonesia adalah Savvy, Gen 2, Waja, dan Neo.

"Exora sendiri pada bulan 12 (Desember) nanti akan kita ekspor ke Thailand. Lalu kita akan coba ekspor ke Timur Tengah," tambah dia.

Sebelumnya produk MPV Proton ini telah terlebih dahulu diekspor ke negara tetangganya, Singapura. Di negeri asalnya produk ini telah dipesan sebanyak 16.000 unit.

Produsen otomotif Malaysia ini sendiri telah menerima pesanan sebanyak 600 unit Exora di Indonesia. Dan menurut dia, pihaknya telah menargetkan penjualan mobil sebanyak 300 unit pada IIMS 2009.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009