Jakarta (ANTARA) - Astra UD Trucks, sebagai mitra bisnis industri truk di Indonesia sejak 1984, berkomitmen menyediakan solusi transportasi di tengah menurunnya penjualan truk sebesar 31,6 persen (year on year) pada Maret 2020 dan pandemik COVID-19.

Untuk itu, Astra UD Trucks mengeluarkan beberapa strategi untuk mendukung jalannya bisnis pelanggan, pertama program Technical Assistance 24 hours yang terdiri nomor hotline nasional, nomor lokal dan nomor khusus atau ponsel PIC yang membantu penanganan masalah teknis armada pelanggan.

Baca juga: Empat amunisi UD Trucks bidik sektor logistik Indonesia

Layanan itu memungkinkan pelanggan mendapatkan bantuan kendati tidak datang langsung ke cabang Astra UD Trucks.

Perusahaan juga membuka layanan live chat melalui website astraudtrucks.co.id untuk menangani konsumen yang ingin bertanya langsung dengan perwakilan UD Trucks saat hari dan jam kerja.

“Kami berusaha memberikan kemudahan bagi pelanggan agar mudah mendapatkan informasi terkini mengenai kebutuhan, baik servis dan suku cadang, maupun penjualan dan purna jual menggunakan kemajuan teknologi,” kata Chief Executive Astra UD Trucks, Winarto Martono dalam siaran pers hari ini.

Astra UD Trucks juga menyediakan mobile service yang siap untuk datang ke lokasi pelanggan yang tidak terkena PSBB atau bidang usahanya diperbolehkan beroperasi dalam kondisi terbatas.

Perusahaan juga bekerja sama atau value chain dengan perusahaan Astra group lainnya, seperti Astra World sebagai partner Call Center Astra UD Trucks untuk support pelayanan purna jual maupun pembelian unit.

Kerja sama lainnya adalah Astra Digital untuk pembelian unit melalui laman SEVA, sekaligus pelayanan purna jual. Untuk pembelian unit dapat dilakukan melalui live chat pada website Astra UD Trucks atau mengisi form yang ada di website atau melalui berbagai sosial media.

Adapun program Telematics atau Fleet Management Support dapat membantu pelanggan untuk mengelola armada secara efektif. Program itu memiliki fitur pelacakan lokasi truk secara real time, memantau efisiensi penggunaan bahan bakar, pencatatan perbaikan dan perawatan truk, sampai pembatasan rute jalan yang akan dilalui truk.

“Dengan beberapa program yang telah hadir, Astra UD Trucks berkomimen memberi kemudahan dan dukungan pelayanan yang menyeluruh untuk menjaga bisnis para pelanggan di tengah global pandemik atau situasi tidak menentu seperti saat ini,” ujar Winarto.

Baca juga: UD Truck serahkan Quester 280 ABS ke PT Trans Migasindo

Baca juga: UD Trucks targetkan Kuzer bisa terjual 350 unit setahun

Baca juga: UD Truck Kuzer RKE 150 resmi masuk pasar Indonesia

Pewarta: A069
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020