Jakarta (ANTARA) - Florian Schneider, salah satu pendiri band pionir musik elektronik Jerman Kraftwerk, yang mempengaruhi generasi musisi pop dan dance dengan lagu-lagu memukau seperti "Autobahn", meninggal akibat kanker pada usia 73 tahun, kata rekan bandnya Ralf Huetter.

Kraftwerk punya pengaruh besar untuk banyak musisi mulai dari Juan Atkins hingga Pet Shop Boys dan David Bowie, dan dianggap sebagai salah satu yang yang pertama mempopulerkan musik elektronik.

"Salah satu pendiri dan pelopor Kraftwerk, Ralf Huetter, telah mengumumkan berita yang sangat menyedihkan bahwa teman dan rekannya selama beberapa dekade, Florian Schneider, telah meninggal karena penyakit kanker hanya beberapa hari setelah ulang tahunnya yang ke-73," demikian bunyi pernyataan dari Warner Music, seperti dilansir Reuters.

Schneider dan Huetter membuat Kraftwerk pada 1970 setelah bertemu di sebuah akademi musik di Duesseldorf.

Schneider mulai dengan bermain flute, kemudian mengaturnya dengan efek elektronik dan menerapkan teknik yang sama pada biola dan gitar listrik.

"Autobahn" (1974) adalah lagu berdurasi 22 menit yang tak disangka jadi terkenal di mancanegara, salah satu lagunya yang paling terkenal.

Baca juga: "Clubbing online", cara penikmat dugem nikmati dunia malam saat corona

Baca juga: Jokowi datangi WTF demi pahami generasi milenial

Baca juga: Parade musik elektronik di Road to Big Sound

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020