Nurburgring, Jerman (ANTARA News/AFP) - Mark Webber meraih kemenangan perdananya di Formula Satu dan kemenangan pertama pembalap Australia tersebut sejak 1981 ketika ia bersama rekan satu timnya, Sebastian Vettel, merebut posisi pertama dan kedua untuk tim Red Bull di Grand Prix Jerman, Minggu.

Webber, yang melakukan balapan Formula Satu ke-130 setelah delapan tahun di olahraga tersebut, untuk pertama kalinya start dari posisi terdepan dan berhasil mengatasi suatu hukuman karena bertabrakan di putaran pertama dalam perjalanannya meraih kemenangan spektakuler di sirkuit di pegunungan Eifel.

Pembalap berusia 32 tahun dari Queanbeyan di New South Wales itu finis 9,3 detik lebih cepat dari Vettel yang menempati posisi kedua.

Kedua pembalap Red Bull itu finis di posisi pertama dan kedua, mengungguli pembalap Ferrari Felipe Massa dari Brasil, yang untuk pertama kalinya naik ke podium tahun ini, dengan pembalap Jerman Nico Rosberg dari tim Williams berada di posisi keempat.

Pembalap yang untuk sementara memimpin klasemen kejuaraan dunia musim ini, Jenson Buttun, pembalap Inggris yang memperkuat tim Brawn GP, menempati posisi kelima, di depan rekan satu timnya, Rubens Barrichello. Pasangan pembalap dari Brawn GP tersebut berada di depan juara dunia dua kali, Fernando Alonso dari Spanyol, yang membalap untuk Renault.

Pembalap Finlandia, Heikki Kovalainen berada di posisi kedelapan untuk McLaren Mercedes.

Juara bertahan, Lewis Hamilton dari Inggris, finish di urutan ke-18. Pada putaran pertama mobilnya bertabarakan dengan Webber dari Red Bull, sehingga ban mobilnya bocor.

Mobil Webber menyerempet mobil Barrichello di tikungan pertama, suatu tabrakan yang membuatnya terkena hukuman, tetapi ia mengatasinya dengan merebut kemenangan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009