Padang (ANTARA News) - Gubernur, para anggota musyawarah daerah (Muspida) dan pimpinam Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat (Sumbar) akan memantau pelaksanaan Pilpres 2009 di beberapa TPS dengan cara bersepeda.

Anggota Muspida yang ikut memantau adalah Kapolda, Komandan Korem TNI-AU, Komandan Lantamal TNI-AL, Komandan Lanud TNI-AU dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar, kata Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Sumbar, Husni Kamil Manik kepada ANTARA di Padang, Jumat.

Menurut dia, sepeda untuk berkeliling di beberapa TPS itu dibawa sendiri-sendiri oleh para pejabat Muspida dan pimpinan KPU.

Ia menjelaskan, rute pemantauan dimulai keberangkatan rombongan dari Gubernuran (rumah dinas Gubernur Sumbar, red) di Jalan Sudirman Padang menuju TPA-I Kelurahan Jati Baru.

Selanjutnya menuju TPS-III Kelurahan Terandam melewati jalan Kis Manggunsakoro dan Perintis Kemerdekaan.

Setelah melakukan peninjauan di TPS itu rombongan bersepeda melewati ruas jalan Proklamasi-Bagindo Aziz Chan-Kampuang Nias dan jalan Pasar Gadang menuju TPS-III Kelurahan Pasar Gadang.

Peninjauan langsung oleh gubernur, muspida dan pimpinan KPU ini untuk memastikan pelaksanaan Pilpres berlangsung sesuai yang diharapkan, kata Husni.

Pilpres 8 Juli 2009 di Sumbar akan diikuti 3.320.356 orang pemilih yang terdaftar daftar pemilih tetap (DPT) dan akan menyalurkan hak suaranya pada 11.405 unit TPS yang tersebar pada 19 kabupaten dan kota di Sumbar.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009