Jakarta (ANTARA News) - Penumpang kereta api Argo Gede Jakarta-Bandung mulai Juli mendatang bisa berkaraoke di ruang restorasi, sebuah fasilitas baru yang diberikan penyelenggara transportasi masal itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Humas Daerah Operasi (Daops) I PT KAI, Sugeng Priyono, di Jakarta Selasa mengatakan, selain fasilitas karaoke, kereta eksekutif tersebut juga dilengkapi fasilitas untuk mengisi ulang (changer) baterai handphone.

"Fasilitas karaoke ini di sediakan di kereta makan atau restorasi untuk menambah kenyamanan penumang selama dalam perjalanan," kata Sugeng.

Di katakannya, dengan tambahan fasilitas karaoke perjalanan KA eksekutif bertarif Rp75.000 yang menempuh perjalanan dua jam 50 menit dari Jakarta ke Bandung ini diharapkan tidak menjenuhkan, tetapi justru kian nyaman.

Karaoke di sediakan di kereta makan, katanya, agar tidak mengganggu penumpang yang memanfaatkan waktu perjalanannya untuk beristirahat.

Diakui Sugeng, tambahan fasilitas karaoke dan charger telepon seluler, sebagai upaya KAI meningkatkan jumlah penumpang karena sejak dioperasikannya tol Cipularang, jumlah penumpang turun.

"Kalau soal kecepatan waktu, memang bus yang melewati jalan tol Cipularang lebih cepat, tapi kalau kenyamanan fasilitas KA eksekutif lebih nyaman," katanya.

Sekarang kereta eksekutif Argo Gede melayani tujuh kali perjalanan dalam sehari baik dari Bandung maupun Jakarta, kecuali pada hari Minggu delapan kali.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009