Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor (TAM) akan menampilkan lima produk baru pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009 guna mendorong permintaan pasar otomotif di dalam negeri yang mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan pada awal semester II tahun ini.

"Krisis global yang melanda dunia harus diakui juga mempengaruhi (penjualan) kami, tetapi itu bukan berarti mengurangi komitmen kami terhadap industri otomotif di Indonesia," ujar Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto, pada keterangan persnya, di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan IIMS merupakan salah satu sarana menunjukkan kemajuan industri otomotif Indonesia, termasuk di tengah krisis global. Oleh karena TAM sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mengambil area seluas 1.400 meter persegi pada ajang IIMS untuk menampilkan sejumlah produk yang menunjukkan kemajuan industri otomotif, baik yang diproduksi di dalam negeri seperti Toyota Kijang Innova, Avanza, maupun Fortuner, di samping produk yang diimpor secara utuh dari berbagai negara.

Pada IIMS yang akan diselenggarakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, mulai 24 Juli sampai 2 Agustus 2009, TAM akan menampilkan lima produk baru yaitu kendaraan serbaguna (MPV) Kijang Innova seri G dengan captain seat, kendaraan sport (SUV) Fortuner TRD, kendaraan kabin ganda (double cabin) Hilux seri G, Alphard dengan mengusung mesin bersilinder 2.400cc, dan kendaraan ramah lingkungan berbasis mesin hibrid, New Prius yang mengusung mesin bersilinder 1.800cc .

Selain produk baru, TAM juga menampilkan produk andalan lainnya di kelas low 2x4 dan medium yaitu Toyota Avanza yang permintaannya masih tinggi di atas 10 ribu unit pada Juni 2009 dan Yaris, kemudian Rush, serta jenis sedan yaitu Toyota Vios, Corolla, dan dua tipe Camry.

"Produk baru tersebut merupakan dukungan kami untuk menggairahkan kembali pasar otomotif di Indonesia," ujar Joko. Ia mengatakan sejak Januari sampai Juni 2009 penjualan otomotif nasional masih menunjukkan penurunann sekitar 28,3 persen dibandingkan semester I tahun lalu yang mencapai 292.670 unit.

Meskipun mengaku tidak menetapkan target penjualan pada ajang pameran terbesar otomotif di Indonesia itu, Joko optimis IIMS akan mampu memberi stimulasi pada pasar otomotif nasional yang sedang bergairah sejak Juni 2009. Pada bulan lalu angka penjualan sementara mobil di dalam negeri secara "whole sale" berdasarkan asumsi penjualan delapan ATPM besar sekitar 39 ribu unit. Jumlah tersebut naik 8,9 persen dibandingkan bulan Mei yang mencapai 35.818 unit.

"Kami tidak berharap jualan besar pada ajang itu, lebih kepada komitmen terhadap perkembangan industri otomotif di Indonesia dan lingkungan serta pencitraan merek," ujar Joko. Pada ajang IIMS tahun lalu, penjualan TAM mencapai sekitar 3.000 unit. Selama enam bulan pertama tahun ini TAM secara "whole sale" telah menguasai sekitar 37 persen pasar otomotif di Indonesia, dan pada Juni sajau menguasai 43,8 persen.

Lebih jauh ia menjelaskan dengan mengambil tema "Auto-life with Piece of Mind" TAM secara khusus mendatangkan mobil konsep yang ramah lingkungan dan nyaman dikendaraai yaitu Toyota RiN dan IQ yang telah dipamerkan pada ajang Tokyo Motor Show 2007.

Toyota RiN merupakan mobil elektrik yang juga mengedepankan kesehatan pengendara dengan adanya "oxygen content conditioner." Eksterior RiN mengadopsi desain bentuk akar pohon "Cypress" dan menggunakan kaca berwarna hijau agar pandangan pengendara terlihat lebih cerah. Sedangkan Toyota IQ yang rencananya akan diproduksi Toyota untuk pasar Eropa, merupakan mobil terkecil yang diproduksi Toyota dengan empat kursi untuk transportasi masa depan, namun aman dan nyaman di kendarai.

Selain itu, TAM melengkapi gerai pamernya pada ajang IIMS dengan "Hybrid Technology Zone," "Image Creation Zone,", dan "Toyota Value Zone," serta tempat bermain anak, di samping ruang untuk pers. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009