Jakarta (ANTARA News) - Calon Presiden (Capres) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam orasi di Kampanye Akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Sabtu menyebut sebanyak 15 janji yang akan dilaksanakan dalam pemerintahan periode 2009-2014 jika terpilih kembali menjadi Presiden Republik Indonesia.

Di depan masa yang yang memadati Stadion GBK yang menunggu sejak Sabtu pukul 10.00 WIB dan acara inti baru dimulai 16.30 WIB, SBY dalam kampanye hari terakhirnya ini mengucapkan 15 janji yang akan dilaksanakan dalam pemerintahan lima tahun ke depan.

Ke-15 janji itu, pertama, pertumbuhan ekonomi minimal 7 persen sehingga kesejahteraan rakyat meningkat, kedua, kemiskinan yang diharapkan turun hingga 10 persen, terutama meningkatkan pembangunan pertanian, perdesaan dan program pro rakyat, ketiga, pengangguran turun hingga 6 persen dengan cara meningkatkan peluang lapangan pekerjaan dan peningkatan penyaluran modal usaha rakyat (KUR).

Keempat, peningkatan pendidikan, yakni infrastruktur dan kesejahteraan guru, persamaan perlakuan sekolah negeri-swasta-agama dan melanjutkan sekolah gratis bagi yang tidak mampu, keenam, masalah kesehatan akan terus melakukan pemberantasan penyakit menular dan melanjutkan pengobatan gratis bagi yang tidak mampu.

Keenam, akan meningkatkan swasembada pangan, yakni swasembada beras dipertahankan dan akan dilanjutkan swasembada daging sapi dan kedelai, ketujuh, penambahan energi daya listrik secara nasional dan BBM terbarukan, kedelapan, pemerataan pembangunan infrastruktur, kesembilan, peningkatan pembangunan rumah rakyat, kesepuluh, pemeliharaan lingkungan terus ditingkatkan seperti dengan reboisasi lahan.

Kesebelas, meningkatkan kemampuan pertahanan dan keamanan, serta modernisasi alustsista TNI/ Polri, keduabelas, reformasi birokrasi, pemberantasan korupsi terus ditingkatkan, ketigabelas, otonomi daerah dan pemerataan daerah ditingkatkan, keempatbelas, demokrasi dan penghormatan terhadap HAM makin ditingkatkan dan kelimabelas, meningkatkan peran Indonesia makin ditingkatkan di dunia internasional.

Dalam kampanye akbar putaran terakhir ini, SBY-Boediono menampilkan kampanye akbar dengan banyak melibatkan artis ibukota dan ratusan penari.

Penonton yang datang dari siang hari disuguhi penampilan musik dari Grup Band Coklat, Andra The Backbone, Elfa Singers, Gigi, Ungu, penyanyi dangdut Iis Dahlia, Agnes Monica dan ratusan penari.

Acara kampanye hiburan dipandu oleh pembawa acara Eko Patrio dan grup lawak Cagur, sedangkan acara inti dibawakan Ferdi Hasan dan Moudy Koesnaedi.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009