Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan partainya akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I tahun 2020 secara virtual dengan memanfaatkan teknologi pada Selasa (5/5), membahas berbagai isu strategis internal dan eksternal.

"PAN akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I pada hari Selasa, 5 Mei 2020, mulai jam 10.00 hingga 15.00 Wib. Rakernas I PAN akan menggunakan video conference (vicon) dengan aplikasi yang digunakan adalah Zoom meeting dan streaming di Youtube dan Facebook," kata Viva Yoga dalam konferensi pers secara virtual, di DPP PAN, Jakarta, Minggu.

Dia mengatakan langkah penggunaan pertemuan virtual tersebut karena Indonesia masih berjuang memberantas pandemi Corona Virus Disease atau COVID-19 dan mematuhi kebijakan pemerintah tentang pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Viva Yoga yang menjadi Ketua SC Rakernas I PAN mengatakan, berdasarkan Anggaran Rumah Tangga (ART) PAN hasil Kongres V di Kendari, Rakernas dilaksanakan minimal sekali dalam setahun.

Dia menjelaskan, ada tiga agenda dalam Rakernas, pertama, menjabarkan hasil kongres dalam bentuk program kerja pemenangan pemilu.

"Kedua, merumuskan dan menetapkan kebijakan partai dalam setahun sebagai bagian dari penjabaran hasil kongres," ujarnya.

Ketiga menurut dia, menetapkan perubahan Peraturan Partai (PP) antara lain PP tentang Perkaderan, PP tentang Permusyawaratan di Wilayah, Daerah, Cabang, dan Ranting, PP tentang Hubungan Partai dengan Kader di Lembaga Legislatif dan Eksekutif, PP tentang Pengelolaan Aset Partai, PP tentang Rencana Program Pemenangan Pemilu 2024, dan PP tentang Mahkamah Partai.

Baca juga: Bahas pelaksanaan Kongres 2020, PAN akan gelar Rakernas

Viva Yoga menjelaskan, peserta dan peninjau Rakernas I PAN berjumlah 645 yang terdiri dari unsur DPP, termasuk Dewan Penasihat, Dewan Kehormatan, Dewan Pakar, dan Mahkamah Partai berjumlah 63 orang.

"Peserta dari unsur DPW (ketua dan sekretaris) berjumlah 68 orang; peninjau dari unsur DPD (ketua) berjumlah 514 orang, termasuk mengundang para pendiri dan tokoh senior PAN," katanya.

Dia mengatakan Rakernas I PAN itu akan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum DPP PAN Zulkifi Hasan dan sambutan dari Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP) DPP PAN Hatta Rajasa serta dari Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN Soetrisno Bachir.

Hadir dalam konferensi pers tersebut Ketua OC Rakernas I PAN Yahdil Abdi Harahap, Sekretaris OC Rakernas I Agus Sudarto, Sekretaris SC Ambia B Boestam, Wakil Sekjen PAN Soni Sumarsono. Sementara itu, Sekjen PAN Eddy Soeparno hadir secara virtual dalam konferensi pers tersebut.

Baca juga: Kongres V PAN diselenggarakan selambatnya Maret 2020

Baca juga: PAN setuju tunda pembahasan klaster ketenagakerjaan RUU Ciptaker

Baca juga: PAN: Korban PHK saat pandemi butuh perhatian pemerintah

Baca juga: Krisis COVID-19, Ketum PAN minta DPR RI hati-hati bahas RUU

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020