Jakarta (ANTARA News) - Dua pesawat MAF C206 dilaporkan terus melakukan pencarian pesawat Aviastar yang hilang saat melakukan penerbangan rute Dekay-Wamena, Papua, pada Senin (29/6) petang.

"Dua pesawat MAF C206 sudah melakukan pencarian pesawat jenis twin otter beregistrasi PK-BRO itu pada Selasa (30/6) pagi waktu setempat, tapi belum juga membuahkan hasil," kata Juru Bicara Badan SAR Gagah Prakoso saat dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Dia juga menegaskan, koordinat pasti lokasi hilangnya pesawat Aviastar itu juga belum ditemukan.

Kedua pesawat yang dikirim untuk melakukan pencarian itu adalah pesawat MAF C206 dengan registrasi PK-MAO yang dipiloti Capt. Harry dan PK-MAU yang dipiloti Cap.t Garten.

Fokus area pencarian kedua pesawat itu adalah wilayah antara distrik Polimo-Soba. Kedua pesawat melakukan pencarian sejak pukul 05.45 WIT dan 05.46 WIT.

"Pesawat kembali setelah beberapa lama melakukan pemantauan tetapi belum menemukan tanda-tanda apapun dari pesawat itu. Saat ini kami terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk terus mencari pesawat itu," ujar Gagah.

Pesawat terbang jenis Twin Otter milik maskapai penerbangan Avia Star Airlines mengalami putus kontak dengan menara pengawas saat menerbangi rute Dekay-Wamena, Papua, Senin petang.

Pesawat yang dipiloti Capt. Frans Noble dan kopilot Dedi Sudrajat itu putus kontak dengan menara pengawas pada pukul 15.54 WIT.

Pesawat terbang dari Dekay menuju Wamena, dan melakukan lepas landas pukul 15.32 WIT.

Pesawat yang mengangkut sembako dan seorang awak kabin bernama Ahmad itu dijadwalkan mendarat pukul 16.02 WIT. Namun, beberapa menit menjelang pendaratan, komunikasi antara pesawat dengan menara pengawas terputus.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009