Bandarlampung (ANTARA News) - Saksi pemenangan SBY-Boediono di Lampung sekitar 65 persen berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan 35 persennya berasal dari Partai Demokrat.

"Para saksi tersebut akan menyebar di 14.767 TPS di Lampung, serta di PPS, dan KPU," kata juru bicara Tim Kampanye Daerah (Timkamda) Lampung untuk SBY-Boediono, Fajrun Najah Ahmad, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menjelaskan, untuk saat ini selama dua hari ada 44 peserta timkamda kabupaten/kota se-Lampung mengikuti pembekalan terkait saksi, di Bandarlampung.

"Mereka nantinya langsung menularkan informasi ke seluruh saksi di daerahnya," kata dia.

Ketua Timkada Lampung untuk SBY-Boediono Zulkifli Anwar yang membuka kegiatan tersebut menekankan perlunya saksi memahami dan menyadari beratnya tugas dan tanggung jawab.

"Saksi menjadi penentu tetap terjaganya suara rakyat. Saksi harus benar-benar amanah dan tidak boleh lengah," kata dia.

Zulkifli yang juga Ketua Partai Demokrat Lampung menjelaskan, peran saksi baik di TPS, PPS, dan KPU sangat penting bahkan dapat dikatakan penentu kemenangan.

Kepada para peserta pembekalan, Ketua Timkada Lampung itu mengingatkan tugas sebagai saksi adalah ibadah, yaitu menjaga amanah rakyat.

Ia pun meminta agar para saksi tidak takut dengan kemungkaran, kalau ada ketidakbenaran atau manipulasi suara rakyat,lakukan perlawanan, dan sebaliknya mengharamkan saksi SBY berbuat kecurangan.

Pembekalan saksi akan dilakukan secara serempat di seluruh kabupaten/kota di Lampung pada 30 Juni hingga 5 Juli mendatang.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009