Jakarta (ANTARA News) - Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) PT Toyota Astra Motor (TAM) memperluas kontes modifikasi mobil Yaris ke-3 atau "Yaris Show Off" 2009 di lima kota yaitu Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Medan, seiring dengan meningkatnya jumlah komunitas kendaraan untuk segmen anak muda tersebut.

"Sejalan dengan citra Yaris sebagai kendaraan anak muda, maka kami secara berkesinambungan menantang kreatifitas mereka dan mendorong kawula muda lebih berani menampilkan potensi yang mereka miliki," ujar Presdir TAM Johnny Darmawan, di Jakarta, Kamis.

Dikatakannya, setiap tahun komunitas pemilik Yaris terus meningkat seiring dengan tumbuhnya penjualan mobil yang membidik konsumen anak muda dan mereka yang berjiwa muda. Yaris dipasarkan di Indonesia pertama kali pada 2006.

Sejak itu, penjualannya terus mengalami pertumbuhan, karena menurut Johnny, segmen mobil 4x2 medium semakin digemari. Pada tahun lalu, permintaan mobil yang membidik kalangan muda tersebut mencapai sekitar 2.000 sampai 4.000 unit per bulan. Namun seiring krisis tahun ini, permintaannya diperkirakan turun menjadi 2.000 sampai 2.500 unit per bulan.

"Namun mobil yang terjangkau harganya dan irit bahan bakar, seperti Yaris, sangat digandrungi konsumen saat ini," ujar Johnny yang memperkirakan pasar mobil mulai Juni 2009 semakin membaik dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Manajer Aksesoris TAM, Anton Jimmi Suwandi, menambahkan komunitas pemilik Yaris terus meningkat mencapai ribuan orang dan penyebarannya semakin luas di berbagai kota.

Oleh karena itu, lanjut dia, bila pada tahun 2007 kontes modifikasi Yaris hanya diselenggarakan terbatas di Jakarta dan tahun 2008 hanya di Jakarta dan Surabaya, maka pada tahun ini kontes tersebut diselenggarakan di lima kota besar.

"Pada 2007 peserta yang masuk final pada `Yaris show off` mencapai 20 orang, dan pada 2008 mencapai 50 peserta. Karena itu, tahun ini kami menargetkan setidaknya jumlah peserta di atas 50 orang, mengingat setiap daerah akan dipilih yang terbaik untuk merebut juara dalam final di Jakarta," ujarnya.

Anton menjelaskan pendaftaran lomba akan dimulai pada hari ini (25/6) dengan tema "Enjoy Our Music in Yaris." Tema tersebut, lanjut dia, diambil seiring dengan semakin banyak orang "terjebak" di dalam kendaraan akibat kemacetan.

"Sekitar 70-80 persen waktu kita berada dalam kendaraan (untuk mencapai suatu tempat). Jadi bagaimana memodifikasi mobil (Yaris) tersebut agar pemilik dan penumpang di dalamnya semakin nyaman berada di dalam mobil itu," katanya.

Anton mengatakan, final dari peserta terbaik di tiap kota akan dilakukan di Jakarta, pada akhir tahun untuk merebutkan total hadiah sebesar Rp500 juta. Pemenang pertama kontes itu akan mendapat satu unit Toyota Yaris. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009