Bratislava (ANTARA News/AFP) - Produsen mobil Korea Selatan Kia Motors, Senin mengatakan, akan mulai lagi beroperasi penuh dua shift di pabrik Slowakia dalam merespon meningkatnya permintaan untuk pasar Eropa.

"Perusahaan akan mulai beroperasi penuh lagi dua shift delapan jam mulai 13 Juli karena meningkatnya permintaan di beberapa pasar Eropa dan rencana peluncuran sebuah mobil model baru," kata juru bicara Kia, Dusan Dvorak kepada AFP.

Kia mengurangi produksinya di pabriknya dekat Zilina, Slowakia utara, menjadi dua shift enam jam awal tahun ini akibat rendahnya permintaan di tengah krisis ekonomi global.

Kia, yang meluncurkan produksi di Slowakia pada 2006dan mempekerjakan 2.700 orang, memproduksi 201.000 mobil pada tahun lalu.

Perusahaan memperkirakan produksi pada 2009 mencapai 170.000 unit.

Produksi mobil Slowakia pada pabrik-pabrik yang dijalankan Volkswagen Jerman, PSA Peugeot Citroen Perancis dan Kia Motors Korea Selatan, turun 51,6 persen pada April, setelah turun 30,9 persen pada Maret akibat rendahnya permintaan di tengah penurunan ekonomi global.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009