Le Mans (ANTARA News/Reuters) - Peugeot meraih kemenangan pertama mereka sejak 1993 dalam balapan mobil Le Mans 24 Jam dengan satu-dua finis di sirkuit de la Sarthe, dan itu sekaligus mengakhiri dominasi Audi selama lima tahun pada Minggu.

Pembalap Spanyol Marc Gene, David Brabham dari Australia dan Alexander Wurz dari Austria melengkapi 382 lap untuk memberi kemenangan bagi pabrikan asal Prancis.

David Brabham turun pada lomba itu meneruskan kiprah kakaknya Geoff yang ikut memenangi lomba bagi Peugeot 905 pada 16 tahun lalu.

Sementara itu tim Peugeot lainnya yang dikendarai oleh pembalap Prancis Sebastien Bourdais, Stephane Sarrazin dan Franck Montagny menempati posisi kedua dengan hasil satu lap di belakang pimpinan.

Sedangkan juara delapan kali Tom Kristensen dari Denmark yang mengendarai Audi nomor satu, berada enam lap ketiga di belakang pembalap rekan satu timnya Rinaldo Capello dari Italia dan pembalap Inggris Allan McNish, satu tahun setelah trio pembalap itu merajalela di Prancis.

Audi mendominasi delapan dari sembilan edisi sebelumnya pada lomba balapan mobil sport tertua di dunia itu, yang sudah dimulai sejak 1923.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009