Jakarta (ANTARA News) - Kelompok musik yang populer di era 90-an, KLa Project, kembali ke kancah musik Indonesia setelah ketiga personelnya berpisah selama tujuh tahun dan berencana melakukan serangkaian konser di luar Jakarta.

"Kita mau membawa konser-konser besar di kota-kota lain karena selama ini konser KLa selalu di Jakarta. Kami bangga dengan respon positif dari penonton," kata pemain keyboard KLa, Adi Adrian, dalam jumpa pers bersama Katon Bagaskara dan Romulo "Lilo" Radjadin usai pentas mereka di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, Jumat malam.

Selama 20 tahun perjalanannya, KLa baru mengadakan lima konser besar yaitu Konser Ungu, Konser Klakustik, Konser 4 Musim, Konser V Series dan terakhir, Konser KLa Returns tadi malam.

"Kita sering konser tapi dengan kondisi yang tidak ideal, tidak seperti malam ini dengan lighting dan menyanyikan 16 lagu serta konsep yang benar-benar dipikirkan," katanya.

Selain itu, KLa ingin memberikan yang terbaik termasuk aransemen musik yang berbeda setiap kali melakukan konser.

"Kita beri yang terbaik dalam suatu pertunjukan dan kita berpikir sangat serius untuk suatu pertunjukan," katanya.

Sementara Lilo mengatakan kembalinya KLa bermusik tidak dengan menjual lagu-lagu nostalgia saja.

"Pada mini album KLa Returns, ada dua lagu baru. Itu bukti kita tidak menjual nostalgia," ujar Lilo.

Rasa Baru

Sekitar seribu penonton merayakan kembalinya KLa Project dengan menyaksikan konser grup tersebut di Ballroom Djakarta Theater di Jakarta, Jumat malam.

Tiga personil KLa Returns -- Katon, Lilo dan Adi -- memuaskan para Klanis, sebutan bagi penggemar KLa, dengan penampilan yang bertenaga dan rasa baru.

Dengan menampilkan satu lagu baru dan 15 lagu-lagu lama yang diaransemen ulang dengan lebih rancak dan bertenaga, KLa Returns tampil selama dua jam penuh menandai bersatunya mereka kembali setelah berpisah tujuh tahun yang lalu.

Konser dimulai dengan lagu "Romansa" dengan aransemen baru yang lebih "nge-beat" dan dinamis.

Konser malam itu ditonton antara lain oleh istri Katon, Ira Wibowo, dan terlihat Ari Burhani yang merupakan mantan personil KLa dengan posisi drummer yang saat ini menjadi Manajer KLa Returns.

KLa terbentuk pada 1988 dengan album pertamanya "KLa Project" yang dirilis 1989, dan sampai saat ini telah mengeluarkan 11 album.

Pada album ketiga "Pasir Putih" tahun 1992, drummer Ari Burhani keluar dan beralih peran sebagai manajer band.

KLa sempat berganti nama menjadi NuKLa dengan merekrut tiga personil baru yaitu Erwin Prasetya, Yoel Priyatna dan Hari Goro dan mengeluarkan satu album "New Chapter" tahun 2004.

KLa kemudian berubah menjadi KLa Returns setelah Lilo bergabung kembali pada 2008. (*)

Pewarta:
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2009