Jakarta (ANTARA News) - Pecatur putri asal Bekasi, WCM Medina Warda Aulia sudah memastikan diri menjadi juara karena mencetak angka bersih 7 poin dari tujuh babak Kejuaraan Catur Kelompok Umur ASEAN ke-10 yang berlangsung di Hotel Huong Giang, Hue City, Vietnam.

Pada pertandingan babak ketujuh nomor catur standar kejuaraan bertajuk ASEAN Age Group Chess Championship itu, Medina dengan elo rating 1882 dan tampil di KU12 putri menundukkan pecatur tuan rumah Nguyen Thi Viet Ha, Rabu malam.

Menurut Humas Percasi, Kristianus Liem, meski masih menyisakan dua babak lagi, namun Medina sudah memastikan diri menjadi juara. Saingan terdekatnya Nur Nabila Azman Hisham dari Malaysia tertinggal dua poin dan kalah dalam berbagai nilai tie-break yang ada.

Medina Warda Aulia adalah produk Sekolah Catur Utut Adianto Bekasi yang sejak empat tahun lalu sudah dipersiapkan sebagai pelapis Irene Kharisma Sukandar. Prestasi Medina mulai mencuat dua tahun lalu antara lain menjadi juara nasional KU-10 2007 dan merebut medali emas APPSO ASEAN 2007.

Menjuarai sebuah kejuaraan sebelum seluruh partai pertandingan tuntas, bukan hal baru bagi Medina. Pada tahun lalu ketika meraih gelar juara di KU-11 pada 4th World Schools Chess Championships di Singapura, ia pun telah memastikan gelar juaranya satu babak sebelum turnamen berakhir.

Dari hasil pertandingan lainnya, pecatur putra Rian Kapriaga (2094) kembali menderita kekalahan dari CM Tran Than Tu (2267) dari Vietnam di KU-20. Rian tertahan dengan 3 VP.

Kekalahan juga dialami Nadia Anggraeni yang harus mengakui ketangguhan pecatur tuan rumah lainnya, WCM Nguyen Ngoc Thuy Trang di KU-14 putri. Nadia tetap tertahan dengan 3,5 VP.

Dita Karenza malah mencuat dengan mengumpulkan 5 VP setelah menaklukkan pecatur Filipina, San Diego Marie Antoinette. Sedangkan WCM Chelsie Monica Sihite memaksa WFM Nguyen Tran Ngoc Thuy (Vietnam) bermain remis. Chelsie mengantongi 3,5 VP.

Jadwal pertandingan babak kedelapan:

KU20 open: MF Rian Kapriaga (2094)-Hoang Van Ngoc (VIE).

KU14 putri: Nadia Anggraeni ?Nguyen Thi Thuy Trien (VIE).

WCM Chelsie Monica Sihite-Tran Le Dan Thuy (VIE).

KU12 putri: Huynh Ngoc Thuy Linh (VIE)-WCM Medina Warda Aulia (1882).

KU10 putri: Ngiyen Thanh Thuy Tien (VIE)-Dita Karenza.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009