Bukittinggi (ANTARA News) - Gubernur dan 17 orang Bupati/Walikota di Sumatra Barat (Sumbar) tercatat masuk tim kampanye Capres/Cawapres, Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, daerah Sumatra Barat (Sumbar).

Selain itu, selain itu sembilan orang Wakil Bupati/Walikota di Sumbar juga masuk dalam tim tersebut sebagaimana dibacakan dalam pelantikan tim kampanye SBY-Boedino daerah Sumbar di Gedung Pustaka Proklamator RI, Bung Hatta di Bukittinggi, Minggu.

Gubernur bersama 15 Bupati/Walikota dan sembilan Wakil Bupati/Walikota itu tercatat dalam Dewan Pakar tim kampanye SBY-Boediono Sumbar.

Nama para pejabat negara itu masuk dalam Surat Keputusan (SK) Tim Kampanye SBY-Boediono Tingkat Nasional Nomor : 03/SK/TIMKAMNAS.SBY-BUDIONO/V/2009 tanggal 31 Mei 2009, ditanda tangani Ketua Tim, M Hatta Rajasa dan Sekretaris, H Marzuki Alie, SE, MM.

Dalam SK itu disebutkan, Gubernur Sumbar, Gamawan Fauzi menempati jabatan Wakil Ketua Dewan Pakar tim kampanye SBY-Boedino Sumbar, sedangkan 15 Bupati/Walikota dan sembilan Wakil Bupati/Walikota tercatat sebagai anggota Dewan Pakar.

Bupati dalam tim ini adalah, Bupati Padang Pariaman, Muslim Kasim, Bupati 50 Kota, Amri Darwis, Bupati Solok, Gusmal, Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit, Bupati Solok Selatan, Syafrizal J, Bupati Sijunjung, Darius Apan, Bupati Dharmasraya, Marlon dan Bupati Pasaman Barat, Syahiran.

Kemudian, Walikota Padang, Fauzi Bahar, Walikota Sawahlunto, Amran Nur, Walikota Padang Panjang, Suir Syam, Walikota Payakumbuh, Yoserizal dan Walikota Pariaman, Mukhlis R dan Walikota Solok, Syamsu Rahim.

Wakil Bupati (Wabup) masuk dalam tim yakni, Wabup Padang Pariaman, Ali Mukhni, Wabup 50 Kota, Irfendi Arbi, Wabup Pasaman, Hamdy Burhan, Wabup Pesisir Selatan, Syafrizal dan Wabup Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet dan Wabup Solok Selatan, Nurfirmanwansyah

Selanjutnya, Wakil Walikota (Wawako), Wawako Padang, Mahyeldi Ansyarullah, Wawako Padang Panjang, Edwin, Wawako Payakumbuh, Syamsul Bahri dan Wawako Pariaman, Helmi Darlis.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Drs Jufri tercatat sebagai Ketua Dewan Pengarah tim kampanye SBY-Boedino Sumbar.

Terkait banyaknya kepala daerah dan wakil kepala daerah masuk tim kampanye SBY-Boedino Sumbar, Koordinator tim kampanye SBY-Boediono tingkat nasional untuk wilayah Sumbar, Dasrul Djabar mengatakan, bahwa pejabat negara tersebut bersedia bergabung atas kesadaran sendiri.

"Ini kan pemilihan presiden, maka setiap pilihan berdasarkan kesadaran termasuk bagi para kepala daerah di Sumbar itu yang dengan kesadaran sendiri masuk tim kampanye SBY-Boediono," katanya.

Ia menyatakan, tidak ada perintah dari Presiden SBY, agar para kepala daerah itu bergabung dalam tim kampanye SBY-Boediono.

Selain itu sejumlah kepala daerah tersebut juga berasal dari partai politik yang berkoalisai dengan Partai Demokrat untuk mencalonkan SBY-Boediono pada Pemilihan Presiden 2009, tambahnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009