Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan pihaknya akan menjajaki kerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), BNPB, Kadin Indonesia, Trans Media Group, Kitabisa.com, Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS), dan Generasi Lintas Budaya untuk menggelar acara konser virtual Berbagi Kasih Bersama Grup Bimbo.

"Kami tengah melakukan penjajakan untuk (melaksanakan) acara Konser Virtual “Berbagi Kasih, Tuhan Bersama Kita Melawan COVID-19” bersama Bimbo dan para musisi dan tokoh bangsa," kata Bamsoet usai memimpin video telekonferensi persiapan konser virtual di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat.

Ia berharap konser itu dapat memberikan kekuatan batin bagi masyarakat yang pada bulan puasa tahun ini harus turut menghadapi pandemi COVID-19.

Melalui pendekatan kebudayaan dalam konser virtual itu, MPR RI, BPIP, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengharapkan masyarakat Indonesia bisa makin merekatkan persaudaraan kebangsaan dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Baca juga: Virus corona dan kreativitas musisi Indonesia

Bamsoet sekaligus juga berharap dapat membantu seniman dan para pekerja seni yang terkena imbas COVID-19 setelah MPR RI memberikan berbagai bantuan kepada para wartawan dan pekerja sektor informal, seperti pengemudi ojek daring dan kalangan pengusaha mikro, kecil, dan menengah.

Melalui konser virtual tersebut, kata dia, masyarakat bisa memberikan donasi melalui halaman kitabisa.com sehingga memberi napas segar bagi para seniman, budayawan, pekerja kreatif, maupun orang-orang yang berada di baliknya, seperti pekerja panggung dan pekerja sound.

"Mereka termasuk kalangan yang rentan terdampak krisis akibat COVID-19 yang mungkin selama ini belum mendapat banyak perhatian. MPR RI sebagai Rumah Kebangsaan selalu berusaha menjangkau seluruh lapisan masyarakat, termasuk para pekerja seni," kata Bamsoet.

Bamsoet mengungkapkan bahwa grup musik Bimbo rencananya akan meluncurkan lagu viral terbaru karyanya tentang virus corona secara resmi dalam konser virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo: Tuhan Bersama Kita Melawan COVID-19".

Lagu yang sudah viral itu rencananya akan ditampilkan pula dalam konser virtual yang berlangsung pada saat Ramadan serta dapat disaksikan secara serentak melalui berbagai saluran televisi swasta nasional.

Baca juga: Kemarin, lagu Corona Bimbo lalu GrabBike dan GoRide lenyap di aplikasi

Ketua DPR RI periode 2014—2019 itu juga akan meminta Bimbo membuatkan lagu tentang pengorbanan dan perjuangan para dokter, perawat serta tenaga medis lainnya secara khusus.

"Secara khusus saya juga meminta Bimbo untuk membuatkan lagu mengambil judul yang catchy, seperti Suster Lilis atau Dokter Salman sehingga bisa menggerakkan hati dan kesadaran masyarakat untuk menghormati dan menghargai para dokter dan tenaga medis yang selama ini berada di garis terdepan dalam perang melawan COVID-19," kata Bamsoet.

Turut hadir dalam video telekonferensi, antara lain Kepala BPIP Prof. Yudian Wahyudi, Sekretaris Utama BPIP Karjono, Staf Khusus BPIP Romo Benny Susetyo, Ketua Generasi Lintas Budaya Olivia Zalianty, dan Ketua Gerak B.S. Dwi Aroem Hadiati.

Hadir pula para Wakil Ketua MPR RI, antara lain Jazilul Fawaid, Syarief Hasan, Hidayat Nur Wahid, Zulkifli Hasan, dan Fadel Muhammad; Kepala BNPB yang juga Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo; musisi Sam Bimbo; Komisaris Trans Media Ishadi S.K.; Penasihat Generasi Lintas Budaya Prof. Jimly Asshiddiqie; dan CEO Kitabisa.com Alfatih Timur.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020