Jakarta (ANTARA) - Perusahaan self-driving yang didukung oleh Toyota, Pony.ai mengatakan pihaknya akan menyediakan layanan pengiriman otonom kepada penduduk California, Amerika Serikat. Hal itu dilakukan karena permintaan pesanan daring yang melonjak sejak karantina akibat virus corona.

Terdapat sekitar 90 persen pembeli, yang melakukan pemesanan dari rumah. Lonjakan permintaan untuk paket dan pengiriman bahan makanan juga telah membuat platform e-commerce berjuang untuk mengatasi melonjaknya permintaan.

Menanggapi hal tersebut, Amazon berencana untuk mempekerjakan sekitar 75.000 lebih banyak orang untuk pekerjaan mulai dari staf gudang hingga pengemudi pengiriman, seperti dilaporkan Reuters.

Sementara itu Pony.ai dalam sebuah pernyataan menyebutkan bahwa pihaknya akan menggunakan kendaraan listrik otonom untuk mengirimkan paket dari platform e-commerce lokal Yamibuy kepada pelanggan di Irvine, California, yang memiliki populasi lebih dari 200.000 jiwa.

Saat ini, terdapat sekitar 10 armada kendaraan listrik Kona otonom, yang dibuat oleh Hyundai dan pengirimannya akan menandai upaya pertama dari Pony.ai untuk mengirimkan barang, bukan mengangkut penumpang.

Sebagai bagian dari upaya untuk memutus penyebaran virus corona, perusahaan teknologi self-driving yang termasuk unit Alphabet Inc Waymo, unit General Motors Co Cruise dan Uber, telah menangguhkan pengujian mobil otonom yang melibatkan pengemudi cadangan.

Pony.ai mengatakan pada Maret yang lalu, mereka akan menghentikan layanan robotaxi publik di wilayah California selama tiga minggu lamanya.

Saat ini perusahaan sedang menguji mobil di beberapa kota besar di Cina seperti Beijing dan Guangzhou. Departemen Kendaraan Bermotor California (DMV) telah memberikan kelonggaran peraturan tentang layanan pengiriman otonom tahun lalu.

Baca juga: Badan Keselamatan Jalan AS izinkan 5.000 mobil otonom Nuro beroperasi

Baca juga: Volkswagen berambisi ciptakan kendaraan otonom 2025

Baca juga: Samsung kembangkan chip mobil otonom kecepatan tinggi
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020