Yogyakarta (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama 23 partai politik (parpol) mitra koalisinya sedang menyusun tim kampanye daerah untuk pasangan capres-cawapres Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono.

"Kami saat ini sedang membicarakan penyusunan tim kampanye daerah untuk pemenangan pasangan SBY-Boediono dalam Pemilu Presiden 2009 di DIY," kata Ketua DPD Partai Demokrat DIY GBPH Prabukusumo di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia di sela pertemuan perdana parpol itu, penyusunan tim kampanye daerah pasangan SBY-Boediono ini diharapkan selesai pada pekan depan, dan akan dideklarasikan pada 31 Mei 2009.

"Kami berkejaran dengan waktu dalam menyusun tim kampanye daerah. Waktu kampanye semakin dekat, sehingga tim harus segera terbentuk untuk menyukseskan dan memenangkan pasangan SBY-Boediono dalam Pemilu Presiden 2009," katanya.

Ia mengatakan pertemuan perdana tersebut selain menyusun tim kampanye daerah, juga dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi untuk saling mengenal satu sama lain, dan menyatukan sikap untuk pemenangan SBY-Boediono.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Demokrat DIY Agus Bastian mengatakan dalam pertemuan perdana tersebut disepakati posisi ketua dan sekretaris tim kampanye DIY dijabat Prabukusumo dan Putut Wiryawan dari Partai Demokrat.

"Posisi wakil ketua I tim kampanye diduduki Ahmad Sumiyanto yang menjabat Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DIY, sedangkan posisi lain seperti wakil ketua II, III, wakil sekretaris dan bendahara akan ditentukan pada pertemuan selanjutnya yang dilaksanakan pada 26 Mei 2009," katanya.

Selain Partai Demokrat, parpol yang hadir dalam pertemuan perdana itu antara lain PKS, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI).

Selanjutnya Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Republika Nusantara (Republikan), Partai Matahari Bangsa (PMB), Partai Pemuda Indonesia (PPI), Partai Pelopor, dan Partai Indonesia Sejahtera (PIS).

"Parpol mitra koalisi yang absen dalam pertemuan itu antara lain Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Patriot, Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia (PNBKI), Partai Kasih Demokrasi Indonesia (PKDI), Partai Perjuangan Indonesia Baru (PPIB), Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), dan Partai Persatuan Daerah (PPD)," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009