Kerjasama Baru Universitas dan Sumber Daya Pemrogram Memupuk Perkembangan Keterampilan Teknis dan Bisnis Lokal

HO CHI MINH, 22 Mei (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- IBM (NYSE: IBM) hari ini memperluas lebih jauh jangkauannya ke negara-negara berkembang dengan membuka Pusat Inovasi pertama IBM di Vietnam. Pusat baru ini membantu komunitas lokal membangun keterampilan dan mengembangkan teknologi baru guna mendukung permintaan akan proyek prasarana digital dalam industri perbankan, telekomunikasi, energi dan pemerintah.

(Logo: http://www.newscom.com/cgi-bin/prnh/20090416/IBMLOGO )

Pusat ini, yang berlokasi di Ho Chi Minh City, akan memberi para wirausahawan, mitra bisnis, pemodal ventura dan akademisi di seluruh Vietnam, Kamboja dan Laos akses ke lokakarya pelatihan, jasa konsultan, prasarana teknis luas, dan bantuan langsung untuk memasarkan teknologi baru.

Sebagai bagian dari upaya IBM untuk ikut membangun dan mendukung komunitas teknis di Vietnam, IBM juga mengumumkan kerjasama baru dengan universitas terkemuka dan memperbaiki akses ke sumber daya pemrogram tanpa dipungut biaya:

- Universitas Teknologi, Vietnam National University (VNU) di Ho Chi Minh City akan bergabung dengan Prakarsa Akademik IBM serta bekerjasama dengan IBM untuk mendirikan pusat penghitungan "awan" dan kurikulum "awan" baru di universitas ini.

- Kampus Teknologi, Vietnam National University (VNU) di Hanoi akan mendirikan departemen Manajemen dan Perekayasaan Ilmu Pengetahuan Jasa (SSME) serta mengembangkan bersama kurikulum dengan IBM; dan,

- IBM akan meluncurkan versi bahasa Vietnam pertama IBM developerWorks, situs global terbesar dan paling banyak dikunjungi di dunia yang membantu profesional bidang IT memajukan keterampilan teknologi mereka.

Berita hari ini merespons pertumbuhan IT yang kian melaju di Vietnam. Karena penggunaan Internet di Vietnam terus meningkat pesat, sektor IT di negara ini tumbuh lebih dari 20 persen setiap tahun. Pemakaian Internet, yang dibatasi untuk 200.000 penduduk pada tahun 2000, berlipat ganda antara tahun 2005 dan 2008 dengan lebih dari 20 juta warga Vietnam mengakses Internet dewasa ini, menurut Pusat Informasi Jaringan Internet Vietnam.

Dari semua negara berkembang, laju penetrasi Internet di Vietnam adalah yang tertinggi, dan dengan tujuan menjadi negara terindustrialisasi sepenuhnya pada tahun 2020, akses Internet yang meluas di seantero Vietnam akan ikut menambah penciptaan bisnis baru yang mendorong inovasi ke industri yang semakin matang.

Dalam mendukung peluang ini, Pusat Inovasi IBM di Vietnam akan memberikan pakar teknis dan dukungan langsung sesuai selera untuk menguji dan mengesahkan teknologi piranti lunak pengguna sebelum dipasarkan. Pusat ini akan menawarkan pelatihan dan akses ke teknologi berbasis standar terbuka dan teknologi yang tengah berkembang seperti penghitungan "awan", teknologi Web 2.0, arsitektur berorientasi jasa (SOA), manajemen jasa, serta rancangan penghitungan dengan manfaat energi dan lingkungan.

"IBM terus menanam banyak modal di pasar-pasar yang sedang berkembang di seluruh dunia, dengan menumbuhkan usaha sambil membantu mengembangkan ekosistem lokal yang memajukan keterampilan dan inovasi di bidang IT," kata Jim Corgel, manager umum, ISV dan Hubungan Pemrogram IBM. "Dengan Pusat Inovasi IBM dan kerjasama baru universitas ini, kami mampu membuat sumber daya dan keahlian teknis IBM lebih bisa diakses untuk menambah inovasi serta membantu perusahaan dan akademisi lokal bersaing di tataran global."

Pusat di Vietnam ini melengkapi jaringan 43 Pusat Inovasi IBM di seluruh dunia, bagian dari investasi tahunan perusahaan senilai $1 miliar untuk keberhasilan ke-100.000 mitra usaha globalnya.

Pada 2008, Pusat Inovasi IBM membantu lebih dari 22.000 mitra usaha dengan lokakarya, seminar dan konsultasi guna membangun keterampilan mereka dan mengembangkan solusi pada teknologi IBM, yang memungkinkan lebih dari 7.000 teknologi.

Tahun ini, Pusat Inovasi IBM akan menggelar seminar interaktif Seri Pengembangan Mitra Usaha IBM tanpa dipungut biaya yang memberi wawasan mengenai teknologi terkemuka IBM di berbagai bidang mulai dari prasarana dinamis hingga penghitungan "awan" dan efisiensi energi, dan juga rincian mengenai bagaimana para mitra dapat memaksimalkan hubungan mereka dengan IBM dengan memanfaatkan sumber daya IBM yang membantu mereka masuk pasar lebih cepat, mengurangi biaya pemrograman dan mempersingkat siklus penjualan.

"Sebagai Mitra Usaha IBM, perusahaan kami telah diuntungkan dari akses cuma-cuma ke keahlian teknis dan konsultan mendalam di Pusat Inovasi IBM di Kuala Lumpur, Malaysia," ujar Alexander Grygoruk, presiden sekaligus CEO UNICOM Software di Ho Chi Minh City. "Pusat ini memungkinkan kami mempertahankan kinerja tinggi, mengurangi biaya pemasangan dan pengujian serta memasarkan piranti lunak perbankan kami jauh lebih cepat. Pusat Inovasi baru IBM di Vietnam akan memberi sumber daya lokal yang sangat baik untuk membantu perusahaan memperbesar akses ke teknologi dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mendorong bisnis dan inovasi baru ke kawasan tersebut."

Pusat Inovasi IBM, yang memperkuat lebih lanjut komitmen IBM terhadap pasar Vietnam, juga akan menjadi pusat teknologi lokal, yang menghubungkan mitra-mitra usaha lokal IBM dengan Cloud Lab, Pusat Keunggulan Perbankan dan Pusat Eksplorasi Teknis IBM Vietnam.

"Sebagai negara yang tengah berkembang, Vietnam memberi banyak peluang bagi perusahaan lokal, perusahaan pemula, akademisi dan profesional bidang IT," ucap Vo Tan Long, General Manager Wilayah IBM Vietnam. "Sejak tahun 2000, IBM telah meluncurkan banyak Pusat Inovasi IBM di negara berkembang seperti Vietnam yang mendorong pertumbuhan dan inovasi seputar keterampilan di bidang IT. Negara ini punya banyak bakat, dan IBM bertekad membantu mengembangkan komunitas teknis lokal."

Hubungan Akademik Baru dan Sumber Daya Pemrogram Piranti Lunak
Pengumuman hari ini mencakup dua prakarsa terpisah antara IBM dan Kampus Teknologi, VNU di Hanoi, dan Universitas Teknologi, VNU di Ho Chi Minh City yang menetapkan penelitian dan kurikulum baru yang mendukung perlunya mengembangkan keterampilan teknologi dan bisnis guna memenuhi peluang kerja di masa depan.

Universitas Teknologi, VNU di Ho Chi Minh City dan IBM akan menciptakan laboratorium penghitungan "awan" yang akan memungkinkan universitas ini menguji, mengevaluasi dan memperluas susunan penghitungan "awan" canggih yang berbeda. Ini akan membantu universitas tersebut melaksanakan aktivitas penelitian berkelas dunia dan mempermudah kerjasama dengan industri terkemuka di kawasan ini.

Upaya bersama ini akan mencakup riset dengan perangkat keras dan lunak IBM serta penciptaan program dan kurikulum pendidikan sehubungan dengan teknologi penghitungan "awan". Universitas ini juga akan bergabung dengan Prakarsa Akademik IBM, yang menyediakan sumber-sumber daya cuma-cuma kepada staf pengajar dan mahasiswa guna ikut menciptakan program yang mendorong keterampilan di abad ke-21.

Kampus Teknologi, VNU di Hanoi dan IBM akan menetapkan kurikulum dan penelitian baru, dengan fokus pada SSME yang menggabungkan ilmu pengetahuan komputer, teknik dan strategi bisnis ke dalam satu disiplin ilmu. Kampus ini akan mendirikan departemen SSME, yang berfokus pada disiplin ilmu akademik baru yang menghasilkan mahasiswa dengan keterampilan bisnis dan teknologi gabungan yang dibutuhkan untuk memasuki angkatan kerja dewasa ini yang siap berkontribusi segera terhadap pertumbuhan dan inovasi ekonomi negara mereka.

IBM bekerjasama erat dengan lebih dari 20 lembaga akademik Vietnam guna ikut membangun profesional sangat terampil yang amat dibutuhkan untuk upaya modernisasi dan inovasi negara tersebut.

IBM hari ini juga meluncurkan sumber daya berbahasa Vietnam di developerWorks, yang memberi para profesional bidang IT Vietnam kemudahan mengakses peralatan dan kode piranti lunak, standar IT dan praktik terbaik, serta pelatihan keterampilan. Sumber-sumber daya ini bisa didapat di: www.ibm.com/developerworks/vn.

Sebagai situs global terbesar dan paling banyak dikunjungi yang menambah keterampilan di bidang teknologi, developerWorks digunakan oleh jutaan pemrogram di seluruh dunia dan telah ikut memajukan standar terbuka dan teknologi yang tengah berkembang sambil memastikan teknologi IT memiliki peralatan dan keterampilan untuk mendukung investasi teknologi seperti Java, Linux, XML dan penghitungan "awan".

Untuk keterangan tambahan mengenai IBM Vietnam, silakan kunjungi: www.ibm.com/vn.

Untuk keterangan tambahan mengenai Pusat Inovasi IBM, silakan kunjungi: www.ibm.com/partnerworld/iic.

Untuk keterangan tambahan mengenai Pusat Inovasi IBM di Vietnam, silakan kunjungi: www.ibm.com/partnerworld/iic/vietnam.html.

Nguyen Phuong Linh
IBM Vietnam Media Relations
+84-43-946-2164
linhnp@vn.ibm.com

Lon Levitan
IBM Media Relations
+1-512-286-7216
llevitan@us.ibm.com

SUMBER: IBM

KONTAK: Nguyen Phuong Linh
IBM Vietnam Media Relations
+84-43-946-2164
linhnp@vn.ibm.com; atau

Lon Levitan
IBM Media Relations
+1-512-286-7216
llevitan@us.ibm.com

Logo: http://www.newscom.com/cgi-bin/prnh/20090416/IBMLOGO
(IBM)



Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009