Jakarta (ANTARA News) - Tim bola basket tuan rumah Satria Muda gagal masuk peringkat lima setelah dikalahkan tim Smart Gilas asal Filipina dengan skor 107-112 pada FIBA Asia Champions Cup 2009.

Kekalahan tersebut menempatkan tim Indonesia pada peringkat enam pada FIBA Asia Champions Cup 2009 yang berlangsung di Arena Sport Mall Kelapa Gading Jakarta, Rabu.

Pemain Chester Jarrel Giles menyumbangkan 24 poin, 17 rebound dan satu assist bagi kemenangan tim Filipina, diikuti Andy Mark C Barocca yang mencetak 31 poin, enam rebound dan 10 assist.

Sedangkan pada tim Satria Muda, Nakiea Jovan Miller menyumbangkan 41 poin, 21 rebound dan lima assist, kemudian Faisal Achmad Julius dengan 23 poin, tiga rebound dan enam assist.

Pertandingan kedua tim berlangsung seru, dengan skor beda tipis di setiap kuarter. Pada kuarter pertama Filipina mulai memimpin dengan skor 26-23.

Pada kuarter dua masing-masing tim menambah 21 poin sehingga skor menjadi 47-44. Kuarter tiga tim Filipina menambah 21 poin dan Indonesia hanya menambah 13 poin (68-57).

Selanjutnya pada kuarter empat Indonesia berhasil meraih 37 poin, sedangkan Filipina hanya menambah 26 poin sehingga pada akhir kuarter ini kedudukan imbang (94-94).

Sementara itu pada perpanjangan waktu (over time), tim Filipina lebih unggul mampu meraih 18 poin dan tim Indonesia hanya mendapat 13 poin.

Fictor Gideon Ruring pelatih Satria Muda mengakui keunggulan tim lawan.

"Kami sudah menggunakan berbagai strategi untuk menghadapi tim Filipina, ternyata mereka memang tangguh," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009