Jakarta (ANTARA) - Formula E menunda pengenalan mobil balap elektrik baru mereka, Gen 2 Evo hingga 2021/2022 sebagai salah satu upaya menekan biaya yang disepakati oleh tim kompetitor, pabrikan dan induk olah raga tersebut.

Menyusul hasil voting, Formula E harus mengambil keputusan memperpanjang periode homologasi sehingga para pabrikan hanya bisa mengganti komponen powertrain mereka satu kali selama dua musim ke depan demi kestabilan finansial jangka panjang di kejuaraan itu di tengah pandemi virus corona.

"Tim bisa mengenalkan mobil baru mereka di musim ketujuh, untuk siklus dua tahun, atau terus menggunakan teknologi yang ada untuk musim selanjutnya sebelum homologasi mobil baru di tahun setelahnya untuk penggunaan satu musim," demikian laman resmi Formula E yang dipantau di Jakarta, Jumat.
 
Baca juga: Ajang Formula E resmi ditunda sementara
Baca juga: BTS jadi wajah baru kejuaraan Formula E 2020


Penggagas dan presiden Formula E Ajelandro Agag mengatakan jika itu adalah keputusan penting yang harus diambil untuk menekan biaya di tengah krisis kesehatan global saat ini.

Formula E dan FIA mengambil pendekatan yang fleksibel dan kolaboratif itu untuk mengurangi pengeluaran yang bisa memangkas biaya pengembangan mobil hingga separuh selama dua musim ke depan.

"Tak hanya keputusan yang cepat dan masuk akal untuk menghentikan sementara musim ini, tapi sekarang dengan menerapkan tindakan untuk mengurangi biaya pengembangan bagi para tim," kata dia.

"Kami mendengarkan umpan balik dari para tim dan pabrikan serta bekerja erat dengan FIA untuk menunda peluncuran Gen2 EVO dan membatasi tim untuk homologasi tunggal selama dua tahun ke depan.

Formula E yang memasuki tahun keenam penyelenggaraannya itu telah menunda sementara musim 2019/2020 khususnya seri yang dijadwalkan pada Maret dan April imbas pandemi virus corona.

Baca juga: Formula 1 hadapi realita baru di tengah pandemi, kata presiden FIA
Baca juga: FIA setujui sejumlah perubahan regulasi Formula 1 musim 2020 dan 2021

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020