Jakarta (ANTARA) - Sudah memasuki pekan ketiga bagi warga Jakarta dan sekitarnya berada di rumah sejalan dengan imbauan pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus corona baru (COVID-19).

After Sales Manager BMW Astra, Budi Kurniawan mengatakan, meski tetap berada di rumah mobil yang terparkir tetap memerlukan perawatan.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar mobil yang terparkir tetap dalam kondisi prima saat akan digunakan.

"Bagi Anda yang mengalami kendala teknis seperti indikator menyala tiba-tiba, tidak perlu panik, indikator yang menyala bukan berarti mobil Anda tidak bisa digunakan dan saat itu juga harus ke bengkel. Dalam kondisi ditetapkannya PSBB, Anda tidak perlu segera ke bengkel, bisa menunggu sampai keadaan lebih baik," ungkap Budi Kurniawan dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Dalam hal ini, PT BMW Astra memberikan enam langkah untuk menjaga kendaraan anda agar dalam kondisi prima meski harus terparkir lama di rumah.

1. Melepas rem tangan
Melepas tuas rem tangan bertujuan untuk memastikan brake shoe, brake pad, dan brake disc tidak lengket dan macet.

2. Memposisikan transmisi di posisi "P"
Bagi mobil bertransmisi otomatis sebaiknya menempatkan transmisi di posisi "P". Hal itu untuk mencegah mobil bergerak saat berhenti tanpa menggunakan rem.

3. Tambah tekanan angin ban sampai 3,5 bar
Penambahan tekanan angin pada ban berguna untuk menghindari kerusakan ban kendaraan pada bagian tertentu karena tekanan yang tidak merata.

Baca juga: BMW M5 Edition 35 Years meluncur, cuma ada 350 unit di dunia

Baca juga: Mengintip yang spesial dari BMW M5 Edition 35 Years, ada apa saja?


4. Panaskan mesin dan AC mobil secukupnya
Panaskan mesin mobil di ruang terbuka dua kali dalam seminggu selama 20 menit sambil menginjak pedal gas agar putaran mesin minimal 2.000 Rpm.

Sambil memanaskan mesin buka jendela mobil dan nyalakan AC kendaraan agar terjadi sirkulasi oli pada sistem AC dan udara di dalam kabin, sehingga fungsi kerja AC selalu prima.

5. Parkir mobil di tempat beratap

Simpan kendaraan di tempat beratap untuk memastikan terlindung dari cuaca, gangguan dan kotoran serta hama yang merusak ekterior.

Selain itu juga berguna untuk membuat suhu di dalam mobil tetap rendah sehingga sirkulasi udara di dalam kabin tetap segar dan komponen interior lebih awet.

6. Gunakan alat pelindung tambahan
Pada permukaan mobil Cuci permukaan kendaraan termasuk pembersihan interior, perawatan cat dan krom. Pasang penutup mobil standar jika perlu.

Bersihkan karet seal bagasi dan pintu serta aplikasikan produk perawatan dengan bahan yang direkomendasikan oleh BMW.

Baca juga: BMW juga bantu produksi masker wajah untuk Jerman

Baca juga: Beli BMW bisa dari rumah, ada gratis BBM Rp20 juta

Baca juga: Formula E Jakarta ditunda, bagaimana nasib BMW i3?
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020