Jakarta (ANTARA News) - Calon Presiden (Capres) Jusuf Kalla keluar dari ruang "medical check up" RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu pada pukul 14.00 WIB sambil merentangkan tangan dan berteriak "saya sehat".

Setelah itu, Capres dari Golkar yang pada kesempatan itu mengenakan baju batik, keluar tepat pada pukul 14.00 WIB, lalu memasuki mobil Mercy hitam bernomor polisi B 2749 BQ.

Sementara itu Calon Presiden (capres) Megawati Soekarnoputri cuma tersenyum dan hanya berkomentar beberapa patah kata ketika keluar RSPAD Gatot Soebroto pada pukul 18.00 WIB, berselang empat jam dengan Capres Golkar Jusuf Kalla.

Ia mengaku diperiksa sama seperti capres dan cawapres lainnya.

"Saya kan datangnya paling akhir, makanya keluarnya lama," kata putri Bung Karno tersebut.

Berbeda dengan capres dan cawapres yang lainnya yang keluar lewat pintu ruang "Medical Check Up", Megawati justru keluar lewat pintu gedung Instalasi Radionuklir RSPAD Gatot Soebroto.

Di sisi lain, sama sumringah dengan Capresnya, Cawapres Wiranto pun keluar dari RSPAD Gatot Soebroto cuma berselang 25 menit dengan pasangan capresnya, yaitu pukul 14.25 WIB.

Wiranto bahkan sempat memberikan pernyataan untuk ketiga kalinya di hari yang sama pada wartawan mengenai proses pemeriksaan kesehatan.

Ia menyatakan bahwa ia dan Jusuf Kalla telah selesai melaksanakan proses pemeriksaan kesehatan.

"Dan saya kira sampai sekarang kita tidak termasuk yang sakit jiwalah," kata mantan Jendral tersebut.

Berselang satu jam setelah Wiranto pergi dengan Honda Elyson hitam bernomor polisi B 2112 WU, pasangan Capres dan Cawapres Mega - Prabowo yang masih memakai piyama biru sempat keluar dan melambaikan tangan pada kamerawan dan fotografer, namun tidak memberikan pernyataan apa-apa.

15 menit kemudian Prabowo keluar dengan berpakaian lengkap dan langsung menaiki lexus hitamnya yang bernomor polisi B 1007 PR itu.

"Saya sedang flu, semoga nggak mengganggu," kata mantan menantu mendiang Soeharto tersebut.

Anggota KPU Andi Nurpati mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan capres dan cawapres akan diplenokan tim dokter pemeriksa kesehatan malam ini.

Menurut Andi, KPU akan menerima hasil pleno pada hari Selasa (19/5) kemudian melakukan verifikasi atas hasil tes kesehatan tersebut.

KPU tidak berkewajiban menyampaikan hasil dari pemeriksaan kesehatan, namun KPU berkewajiban menyampaikan pada partai politik yang mengusulkan bakal capres dan cawapres mengenai kelengkapan persyaratan capres dan cawapres termasuk tes kesehatan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009