Rencana keamanan pangan ini akan menjamin keberadaan makanan di meja makan bagi setiap warga Honduras, sehingga ketika krisis ini usai, kita tidak mengalami wabah kelaparan,
Tegucigalpa (ANTARA) - Honduras akan mendorong penanaman tumbuhan padi-padian, sayuran, dan buah-buahan di lahan kosong sebagai upaya di bidang pertanian untuk menjamin pasokan makanan di tengah pandemi COVID-19, kata Presiden Juan Orlando Hernandez pada Selasa (7/4).

"Rencana keamanan pangan ini akan menjamin keberadaan makanan di meja makan bagi setiap warga Honduras, sehingga ketika krisis ini usai, kita tidak mengalami wabah kelaparan," ujar Hernandez dalam pidatonya.

Hernandez tidak merinci lebih jauh rencananya tersebut dan peraturan resmi juga belum diterbitkan. Namun, dia menyebut arahan akan dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian serta Institusi Pertanian dan Lahan Nasional untuk mengidentifikasi lahan yang sesuai dengan peruntukan tanaman.

Kemudian, perintah langsung diberikan kepada pemilik lahan untuk menanam tumbuhan pangan demi menjaga pasokan pasar nasional. Mereka juga akan diberikan biaya kompensasi yang adil, kata presiden menambahkan.

Sejak tiga pekan yang lalu, pemerintah Honduras menerapkan peraturan jam malam untuk menekan laju penyebaran infeksi virus corona, yang hingga saat ini telah menjangkiti 312 orang di negara Amerika Tengah itu.

Sumber: Reuters
Baca juga: Honduras siapkan lahan pekuburan massal, antisipasi korban COVID-19
Baca juga: Pemerintah Honduras kirim makanan ke 3,2 juta orang karena corona

Penerjemah: Suwanti
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020