Bandung (ANTARA News) - Tim "Maung Bandung" Persib kalahkan Persires Rengat 2-0 (0-0) pada pertandingan leg pertama babak 24 Besar Copa Dji Sam Soe Indonesia 2009 yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Rabu.

Gol kemenangan tim asuhan Jaya Hartono itu dicetak melalui tembakan penalti play maker Lorenzo Cabanas pada menit ke-56 dan tembakan voli striker pengganti Airlangga Sucipto pada menit ke-90.

Kemenangan Persib disambut suka cita belasan ribu bobotoh Persib yang hadir menyaksikan pertandingan itu di stadion milik Pemkab Bandung itu.

Kemenangan ini membuka peluang Persib untuk melangkah ke babak "16 Besar" Copa Dji Sam Soe Indonesia 2009 dan hanya membutuhkan hasil imbang pada partai tandang di kandang Persires pada 18 Januari 2009.

"Kemenangan ini modal untuk pertandingan tandang pada leg kedua nanti. Kami akan tetap fight pada leg kedua nanti," kata Jaya Hartono yang mengaku lega berhasil mencegah gol ke gawang Persib sehingga beban pertandingan di leg kedua sedikit lebih ringan.

Pertandingan yang dipimpin wasit Oleh Hadi itu berlangsung dalam tempo sedang, namun tim tuan rumah Persib lebih mendominasi permainan sepanjang 90 menit pertandingan.

Meski demikian, pada babak pertama tim Rengat sempat membuat kubu Persib prustrasi karena gagal mencetak gol meski terus mengurung pertahanan tim Sumatera itu sepanjang 45 menit pertama.

Striker Rafael Bastos dan Hilton Moriera kesulitan menembus pertahanan Persires yang dikawal bek asal Bandung, Yadi Mulyadi, sehingga pertandingan babak pertama imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, Pelatih Jaya Hartono mengubah taktik permainan dengan lebih banyak memainkan bola-bola panjang dari sektor sayap sehingga berhasil merepotkan pertahanan Persires.

Klimaksnya pada menit ke-56 saat Persib mendapat penalti setelah striker Rafael Bastos dijatuhkan kiper Hendra Wahyudi di kotak penalti untuk menghentikan laju pemain jangsung asal Brasil itu. Para pemain Persires sempat memprotes keputuan Oleh Hadi karena menilai pemain Persib itu `diving`.

Wasit tetap pada keputusannya memberikan penalti untuk Persib. Lorenzo Cabanas berhasil mengesekusi gawang Persires sekaligus membuka kebuntuan timnya, 1-0.

Persires bangkit, namun Persib yang sudah di atas angin kian gencar melakukan serangan yang dimotori Eka Ramdani dan Cabanas, lalu semakin hidup setelah masuknya striker Airlangga.

Namun pada injury time Persires nyaris menyamakan kedudukan setelah striker Coli Misrun lepas dari kawalan bek Persib, namun tembakannya menyamping gawang Edi Hafidz.

Sebaliknya, sebuah serangan balik yang cepat Persib berhasil menambah kemenangan tim ini, memanfaatkan tambahan waktu pada babak kedua itu.

Umpan lambung Siswanto diteruskan dengan tembakan lob Erlangga Sucipto yang mempedaya kiper Hendra Wahyudi yang sebenarnya bermain cemerlang mementahkan beberapa peluang emas Persib Bandung pada pertandingan itu.

Hingga pluit panjang dibunyikan wasit Oleh Hadi, kedudukan tetap 0-2 untuk kemenangan Persib `Maung Bandung`.

Susunan pemain Persib: Eddy Kurnia (kiper), Suwitha Patha, Edi Hafid, Siswanto, Gilang Angga, Atep, Eka Ramdani, Lorenzo Cabanas, Rafael Bastos, Hilton Moriera.

Persires: Hendra Wahyudi (kiper), Chudory, Yadi Mulyadi, Agus, Taufik Siregar, Kamil Saeful, Sofyan Ali, Ahmad Suyudi, Ade Abdillah, Waryoni/ Marlen, Coli Misrun. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009