Mudah-mudahan tidak lama, tidak lebih dari satu bulan
Jakarta (ANTARA) - Panitia pemilihan (Panlih) wakil gubernur (Wagub) DKI Jakarta mengharapkan pelantikan Wakil Gubernur DKI terpilih Ahmad Riza Patria segera dilaksanakan dalam kurun satu bulan sejak resmi terpilih Senin ini, atau pada Mei 2020.

"Mudah-mudahan tidak lama, tidak lebih dari satu bulan," ujar Wakil Ketua Panitia Pemilihan, Basri Baco, di Jakarta, Senin.

Politisi Golkar ini mengatakan proses selanjutnya setelah Ahmad Riza Patria terpilih, adalah pimpinan DPR DKI bakal melaporkan hasil tersebut kepada Presiden Joko Widodo melalui Kemendagri untuk segera mengeluarkan SK penetapan Wakil Gubernur DKI.

Baca juga: Wagub Riza Patria segera temui Anies untuk samakan pandangan

Meski melewati beberapa bidang birokrasi dan pemerintah pusat yang tengah fokus dalam penanganan pandemi COVID-19 yang semakin mewabah, Basri optimistis proses tersebut akan rampung dalam satu bulan.

"Saya rasa Pak Jokowi juga tidak akan menunda-nunda meneken SK," ujarnya menambahkan.

DPRD telah menetapkan calon dari Partai Gerindra Ahmad Riza Patria sebagai Wagub DKI terpilih.

Baca juga: Anies tunggu pelantikan Wagub DKI Jakarta terpilih

Ahmad Riza Patria menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih berdasarkan suara yang dihitung dalam pemilihan Wakil Gubernur DKI oleh DPRD DKI Jakarta dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Senin.

"Nomor urut satu Ir Ahmad Riza Patria dengan nomor urut satu, dengan jumlah 81 suara," kata Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) wakil gubernur DKI Farazandi Fidinansyah dalam rapat yang disiarkan langsung melalui siaran langsung laman YouTube Pemprov DKI Jakarta.

Dalam penghitungan hasil suara, Riza Patria mendapatkan 81 suara dari 100 suara yang hadir. Sedangkan Nurmansjah Lubis hanya mendapatkan 17 suara serta dua surat suara dinyatakan tidak sah setelah proses penghitungan berakhir.

Baca juga: Riza Patria raih suara terbanyak pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020