Surabaya (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR RI Lucy Kurniasari mengajak warga Kota Surabaya, Jawa Timur, melawan COVID-19 dengan cara menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin dan istirahat yang cukup.

"Olahraga apa saja bisa dilakukan dimanapun kita berada," kata Lucy Kurniasari usai senam bersama dengan sesama kader Partai Demokrat di Rukan Graha Asri, Ngagel, Surabaya, Senin.

Menurut dia, dengan berolahraga daya tahan tubuh akan terjaga. Selain itu, lanjut dia, COVID-19 tidak akan dapat menyerang manusia bila daya tahan tubuh prima.

"Jadi usahakan berolahraga pagi hari antara pukul 09.00 WIB hingga 10.00 WIB karena kulit kita butuh sinar matahari," kata ketua DPC Partai Demokrat Surabaya ini.

Selain itu, Ning Surabaya tahun 1986 ini juga menekankan agar pada saat berolahraga sambil mengenakan masker dan menjaga jarak.

Penggunaan masker, menurut Lucy, sebaiknya mengikuti anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Organisasi ini meminta semua orang memakai masker dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

Namun demikian, lanjut dia, perempuan kelahiran Surabaya ini mengingatkan bahwa WHO menyarankan masker medis sepertu N95 diutamakan untuk petugas medis. Bagi yang sehat, dapat menggunakan masker dari kain atau masker buatan sendiri dengan.memanfaatkan bahan yang ada.

Kalau hal itu dipatuhi semua pihak, lanjut Lucy, stok masker untuk medis tidak akan sulit didapat sehingga semua pihak mendapat perlindungan diri sesuai dengan kebutuhannya.

"Jangan lupa makanan yang bergizi juga membuat daya tahan tubuh makin prima," ujarnya.

Lucy juga menyarabkan agar warga membiasakan rajin mencuci tangan memakai sabun atau memakai hand sanitizer. "Kita juga hendaknya menjaga kebersihan lingkungan. Bersih itu kan bagian dari iman," kata Lucy.

Terakhir, Lucy mengajak warga Surabaya berdoa bersama agar wabah COVID-19 ini segera berakhir di Indonesia. "Kalau semua itu kita lakukan dengan baik, Insyah Allah kita semua dapat terhindar dari COVID-19," ujarnya.

Baca juga: DPR dorong pemda di NTT tingkatkan edukasi warga soal COVID-19

Baca juga: Anggota DPR harapkan pers juga beritakan cara benar hadapi COVID-19

Baca juga: Anggota DPR: Perlu lebih gamblang lagi soal syarat daerah PSBB

Baca juga: DPR minta pelibatan TNI secara penuh dalam penanganan COVID-19

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020