Jakarta (ANTARA) - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan unit Mitsubishi Outlander PHEV guna membantu penyemprotan disinfektan sebagai pencegahan penyebaran virus corona baru (COVID-19) di beberapa area di Jakarta.

Aktivitas itu adalah kelanjutan dari kolaborasi kedua belah pihak yang berkomitmen dalam penyediaan unit Outlander PHEV sebagai salah satu unit tanggap darurat.

“Kehadiran Mitsubishi Outlander PHEV ini sangat berguna dan mendukung aktivitas kami, khususnya saat ini terkait dengan penanganan COVID-19," ujar Ridwan S. Carman, Kepala Sub Tanggap Darurat dan Pemulihan PMI Pusat dalam siaran pers, Senin.

"Dengan keunggulan yang dimilikinya kami dapat dengan mudah menggunakan kembali alat semprot dan meningkatkan efektivitas kegiatan di lapangan,” ujar Ridwan.

Baca juga: Di Prancis, Renault sediakan 1.300 mobil gratis bagi tenaga medis

Baca juga: Menperin minta industri tekstil dan otomotif bantu tanggulangi Corona


PMI memanfaatkan kemampuan discharging yang dimiliki oleh Outlander PHEV untuk mengisi daya alat penyemprot disinfektan.

Tim yang bertugas dapat memaksimalkan alat penyemprot disinfektan di mana setidaknya ada 30 titik per hari yang dikunjungi oleh PMI. Unit itu akan terus mendukung program PMI selama COVID-19 di lima area di Jakarta.

Mitsubishi Outlander PHEV merupakan kendaraan ramah lingkungan yang memanfaatkan tenaga listrik. Mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) berpenggerak 4WD itu membantu PMI dan relawan menjangkau area-area yang sulit dilalui.

Kendaraan lima tempat duduk itu memiliki bagian belakang (bagasi) yang dapat dimaksimalkan untuk membawa peralatan. Selain itu, kemampuan discharging 1.500 Watt dapat dimaksimalkan sebagai sumber listrik saat darurat.

"Oleh karena itu, untuk memaksimalkan seluruh fitur yang ada, kami melakukan kolaborasi dengan PMI untuk menunjang seluruh kegiatan kemanusiaan di Indonesia dan salah satunya yaitu dalam penanganan Covid-19," kata Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI.

"Ke depannya, kami akan terus mengeksplor kemampuan Outlander PHEV tidak hanya dalam aspek kemanusiaan dan lingkungan namun tentunya dalam seluruh aspek kehidupan,” papar Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI.

Pada 11 Desember 2019, MMKSI telah menandatangani nota kesepakatan dengan PMI untuk penyediaan unit Mitsubishi Outlander PHEV yang akan digunakan untuk mendukung kegiatan yang dilakukan oleh PMI.

Dalam agenda tersebut MMKSI sepakat untuk memberikan bantuan kepada PMI dalam bentuk peminjaman satu unit Mitsubishi Outlander PHEV sebagai salah satu kendaraan tanggap darurat.

Langkah MMKSI untuk berkontribusi dalam bidang kemanusiaan ini sejalan dengan "START NOW Project" yang merupakan komitmen MMKSI untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Baca juga: Mitsubishi Outlander PHEV jadi armada transportasi online

Baca juga: Mitsubishi "recall" tiga model kendaraan sekaligus, ini daftarnya

Baca juga: Sensasi berpetualang baru dengan Outlander PHEV di Banyuwangi
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020