Jakarta (ANTARA News) - Klub XL Aspac Jakarta sukses melumat Citra Satria Jakarta dengan skor telak 81-43 dalam pertandingan putaran kedua Liga Bola Basket Indonesia (IBL) di Gedung Basket Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis.

Perbedaan kelas kedua tim sudah terlihat sejak kuarter pertama berlangsung. Aspac yang didukung pemain senior AF Rinaldo, dan Rommy Chandra, mendominasi perolehan angka yang mengakhiri paruh pertama pertandingan itu dengan skor 33-16.

Pada pertandingan itu Aspac menurunkan starter Dirk Mario Gerungan, Rizky Effendi, Pringgo Regowo, Xaverius Prawiro, dan M Isman Thoyib.

Sedangkan Citra Satria menampilkan starter Rifat R Tholib, Abdullah Umar, Pattikawa, dan Imanuel.

Pada babak kedua, permainan semakin berjalan tidak seimbang. Aspac yang terus menekan Citra Satria melalui serangan yang dibangun Riko dan Rizky.

Sebaliknya beberapa serangan yang dibangun anak-anak Citra Satria seperti Evin dan Rifat banyak tidak akurat, sehingga tidak membuahkan cukup poin seperti yang diharapkan.

Selam paruh kedua itu Aspac mendominasi dengan mencetak 48 angka, sementara Citra Satria hanya mampu menghasilkan 27 angka.

Pemain Aspac Riko Hantono tampil gemilang dengan menjadi pencetak angka terbanyak pada pertandingan tersebut dengan 17 angka, enam rebound, dan enam assist, diikuti Rizky Effendy yang mencetak 14 angka dan tujuh rebound.

Tampil Buruk

Kemenangan mudah yang diraih klub Aspac tersebut tidak terlepas dari buruknya permainan anak-anak Citra Satria.

Manajer Citra Satria Romy Tanaka mengungkapkan buruknya penampilan timnya karena belum padunya kerja sama di antara para pemain.

"Mungkin juga karena mereka `tidur` terlalu lama, karena terhentinya kompetisi akibat Pemilu," katanya.

Asisten Pelatih Aspac Mayckel SD Ferdinandus juga mengaku heran dengan penampilan tim Citra Satria.

"Biasanya mereka bermain bagus," katanya.

Dia mengatakan dalam pertandingan melawan Citra Satria, Aspac menampilkan pemain-pemain muda. Sedangkan pemain senior seperti AF Rinaldo, dan Rommy Chandra, hanya diperbantukan.

Pada pertandingan berikutnya Aspac bakal berhadapan dengan juara bertahan Satria Muda Britama Jakarta pada Sabtu (9/5).

Menurut Mayckel, timnya akan bermain maksimal dalam pertandingan tersebut.

"Satria Muda merupakan tim kuat, tapi kami harus menang," katanya optimis.

Selain pertandingan Aspac-Citra Satria, hari kedua putaran keduan IBL itu juga mempertemukan Bima Sakti Nikko Steel Malang dan Angsapura Evalube Medan, dan Stadium Bhinneka Solo melawan Nuvo CLS Knight Surabaya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009