Jakarta (ANTARA News) - Mobil jenis "sport utility vehicle" (SUV) medium di Indonesia menjadi primadona dengan pangsa pasar tertinggi.

"Pasar SUV medium di Indonesia cukup baik. Sejak tahun 2000 `market share` (pangsa pasar) mobil jenis ini terbesar," kata Corporate Planing Bussines and Order Manager General Motor Autoworld Indonesia, Harry Yanto, pada peluncuran Captiva Diesel AWD, di Bogor, Jabar, Rabu.

Ia mengatakan tren SUV medium muncul saat Daihatsu mengeluarkan Taruna di tahun 2000. Dilanjutkan dengan Honda CRV, dan Nissan X-Trail pada tahun 2004.

Jenis SUV medium sendiri di tahun 2006, menurut Harry, memiliki pangsa pasart lebih dari 80 persen, sedangkan SUV Premium hanya mencapai 0,8 persen saja.

Pasar terbesar kendaraan jenis ini di Indonesia, ujar dia, ada di Jakarta dan Tangerang disusul Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Pangsa pasar di Jakarta dan Tangerang sendiri mencapai 43 persen dibanding daerah lain.

SUV medium dengan harga mencapai Rp250 juta hingga Rp350 juta, menurut dia, menjadi yang paling diminati di jenisnya, termasuk Chevrolet Captiva Diesel.

Di tahun 2007, lanjut Harry, pasar SUV medium 50 persen dikuasai Toyota Rush dan Daihatsu Terrios. "Bisa sampai 4.000 unit Rush dan Terrios, sisanya 4.000 unit dari berbagai merek".

"SUV di mata masyarakat kita dianggap mobil mahal. Kenyataannya semakin tinggi harga SUV semakin sedikit peminatnya, sebaliknya semakin rendah harganya peminatnya semakin banyak," ujar dia.

Harry menambahkan bahwa diluar dari jenis kendaraan medium konsumen saat ini membutuhkan kenyamanan. Sedangkan untuk SUV, konsumen biasayanya membutuhkan tampilan gagahnya.

Karena itu, inovasi GM meluncurkan Captiva Diesel "All Wheel Drive" (AWD) medium tampilan premium dengan harga Rp369 juta (on the road Jakarta) diyakini dapat menarik perhatian pasar SUV medium.

Sementara itu, Public Relation and Corporate Communication Manager General Motor Autoworld Indonesia, Kiki Fajar mengatakan, inden produk terbaru GM itu telah mencapai 90 unit sebelum resmi diluncurkan.

Sekarang ini, menurut dia, beberapa konsumen sudah ada yang merasakan mobil tersebut. "Sudah ada kok yang diantarkan ke konsumen sejak April kemarin".

Sebanyak 50 unit Captiva Diesel AWD telah tersedia dan dikirimkan ke konsumen, sedangkan 40 unit lainnya masih harus menunggu.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009