Jakarta, (ANTARA News) - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk meninjau pelaksanaan Ujian Nasional di SMP 19 di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin.

"Tadi memang benar Pak Mendiknas melakukan sidak ke SMP 19," kata Humas SMP 19, Muhammad Yunus, di Jakarta, Senin.

Menurut Yunus, kunjungan Mendiknas memang benar-benar mendadak karena sama sekali tidak ada pemberitahuan kepada sekolah.

Ia memaparkan, kedatangan Bambang Sudibyo ke SMP 19 adalah sekitar pukul 10.00 WIB dan berlangsung selama 20 menit.

Dalam kunjungan tersebut, lanjutnya, Mendiknas tidak melihat adanya hambatan yang berarti dalam pelaksanaan UN di sekolah rintisan bertaraf internasional (RSBI) tersebut.

Sebelum Mendiknas, ujar Yunus, pejabat lainnya yang juga telah melakukan kunjungan untuk meninjau pelaksanaan UN pada Senin (27/4) ini adalah Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas Suyanto.

Sebagaimana telah diberitakan, pelaksanaan UN tahun 2009 akan dibagi menjadi tiga tahap, yakni diawali dengan pelaksanaan ujian untuk SMA/MA/SMK yang telah berlangsung tanggal 20-24 April, SMP/MTs dan SMPLB pada 27-30 April dan SD pada 11-13 Mei 2009.

Pemerintah mengeluarkan dana total Rp483 miliar untuk membiayai pelaksanaan ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) dan ujian nasional (UN) tahun 2009.

Menurut Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan Prof Mungin Eddy Wibowo pada Rabu (15/4), total dana tersebut masing-masing digunakan untuk UASBN tingkat Sekolah Dasar (SD) sebesar Rp59 miliar, UN tingkat SMP/Mts, SLTA/MA dan SMK sebesar Rp296 miliar serta bagi pengawas ujian senilai Rp83 miliar.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009