Surabaya (ANTARA News) - Perolehan suara calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono, di Daerah Pemilihan (Dapil) VII Jawa Timur semakin tak terkejar.

Data tabulasi perolehan suara sementara calon anggota DPRRI yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur hingga Rabu malam, menunjukkan perolehan suara Edhie Baskoro telah mencapai 34.003 suara.

Perolehan suara putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu jauh mengungguli caleg Partai Demokrat lainnya yang sama-sama bertarung di Dapil VII, meliputi Magetan, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, dan Trenggalek.

Bahkan, perolehan Edhie Baskoro jauh di atas perolehan suara dua anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRRI periode 2004-2009, Heri Akhmadi dan Hasto Kristyanto.

Dalam Pemilu 2009 Heri Akhmadi hanya meraup 7.092 suara, sedang rekannya, Hasto Kristyanto yang sama-sama berangkat dari Dapil VII Jatim yang menyediakan delapan kursi legislatif itu hanya mendapatkan 4.993 suara.

"Perolehan suara Edhie Baskoro itu tidak akan terkejar oleh caleg-caleg lainnya," kata anggota KPU Jatim, Arif Budiman, saat ditemui di sela-sela rekapitulasi suara sementara calon anggota DPRRI.

Kegemilangan Edhie Baskoro juga diikuti Anas Urbaningrum, caleg Partai Demokrat yang berangkat dari Dapil VI Jatim, meliputi Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten/Kota Kediri, dan Kabupaten Tulungagung.

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) itu mendapatkan 24.192 suara. Perolehan suara Anas itu jauh mengungguli suara yang dikumpulkan Sekjen DPP PDIP, Pramono Anung Wibowo di Dapil VI yang hanya 16.670 suara.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009