Jakarta (ANTARA News) - Sekjen DPP PPP Irgan Chairul Mahfiz mengaku, setelah hitung cepat lembaga survey, baik secara pribadi maupun selaku sekjen partai, berharap partainya berkoalisi dengan Partai Demokrat.

"Kaitan dengan koalisi, selaku pribadi dan Sekjen DPP PPP berharap agar PPP bisa berkoalisi dengan Partai Demokrat dan mendukung kembali Susilo Bambang Yudhoyono sebagai calon presiden 2009 - 2014," kata Irgan kepada ANTARA, Jumat.

Dia menilai kecenderungan pilihan masyarakat sudah terlihat dari besarnya perolehan Partai Demokrat karena faktor kefiguran Yudhoyono.

"Alangkah naifnya andai PPP tidak melihat kecenderungan aspirasi rakyat tersebut terhadap Yudhoyono," katanya.

Namun, sikap politik PPP akan dibicarakan secara formal pada forum Mukernas, dan setelah ada hasil resmi KPU awal Mei mendatang.

"Saya yakin bahwa akar rumput PPP termasuk DPW dan DPC cenderung mendukung Yudhoyono kembali sebagai Capres pada pilpres Pemilu 2009 yang akan datang," katanya.

Berdasarjab hasil hitung cepat, Irgan menyatakan itu sudah menggambarkan peta politik Pemilu 2009 dimana perolehan PPP kemungkinan menurun.

"Hasil ini membuat prihatin karena tidak sesuai target dan kerja-kerja yang dilakukan selama ini, tapi tidak perlu disikapi berlebihan dengan menganggap terjadi kecurangan Pemilu dan lainnya," katanya.

Pada Pemilu 2004, PPP memperoleh 8,15 persen suara atau menduduki urutan keempat setelah Partai Golkar, PDIP dan PKB, namun dari hitung cepat kali ini PPP melorot ke urutan keenam dengan 5,4 persen suara. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009